Ribuan Pemilih Medan Masuk DPT Luar Negeri

Penulis: (YP/LD/AD/N-1) Pada: Jumat, 07 Des 2018, 21:45 WIB Nusantara
Ribuan Pemilih Medan Masuk DPT Luar Negeri

MI/ BARY FATHAHILAH

RIBUAN pemilih yang ada di daftar pemilih tetap (DPT) Kota Medan ternyata sudah masuk daftar pemilih di luar negeri. Hal tersebut diketahui setelah KPU Kota Medan melakukan penyempurnaan data pemilih.

Komisioner KPU Kota Medan, Nana Miranti, mengungkapkan data terbaru KPU RI menyebutkan sebanyak 4.629 pemilih Medan masuk ke DPT luar negeri. KPU Medan meyakini mereka ialah warga Medan yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih, tetapi sedang berada di luar negeri dan tidak ada laporan saat pencoklitan. “Sehingga nama-nama pemilih tersebut juga ada di DPTHP2 Medan dan belum bisa dicoret,” kata Nana, Jumat (8/12).

Karena itu, sesuai dengan surat edaran KPU RI bernomor 1479/PL.02.1-SD/01/KPU/XII/2018 tanggal 1 Desember 2018, KPU Kota Medan melakukan pencermatan data tersebut untuk dicoklit dan dicermati kembali agar tidak terjadi data ganda. “Para pemilih tersebut akan dihapus dari DPTHP2 Kota Medan jika memang dari hasil pencermatan sudah tidak lagi berada di Medan,” tegasnya.

Dalam proses pencermatan dan penghapusan data, KPU Medan meminta PPK dan PPS yang saat ini sedang melakukan perbaikan DPTHP2, tetap melakukan koordinasi yang intensif dengan panwascam dan pemerintah setempat, terutama kepada kepala lingkungan yang mengenal warganya lebih baik. Diungkapkannya, para pemilih tersebut berasal dari 21 kecamatan di Medan dan sebagian besar dari mereka terdaftar dalam DPT di 27 kota di luar negeri.

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Banyumas, Jawa Tengah, menyisir 8.844 pemilih yang belum melakukan perekaman KTP-E. Padahal, warga tersebut telah tercatat dalam Pemilu 2019. Kepala Bidang Pengolaham Informasi Administrasi Kependudukan Dindukcapil Banyumas Lili Listiani mengatakan bahwa pihaknya terus berupaya jemput bola agar warga segera merekam data KTP-E. “Ada 8.844 pemilih yang sudah terdapat sebagai pemilih yang belum melakukan perekaman,” jelasnya, kemarin. (YP/LD/AD/N-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More