Penghargaan PU-Pera 2018 Sebagai Apresiasi dan Pendorong Inovasi

Penulis: Andhika Prasetyo Pada: Jumat, 07 Des 2018, 21:50 WIB Ekonomi
Penghargaan PU-Pera 2018 Sebagai Apresiasi dan Pendorong Inovasi

MI/MOHAMAD IRFAN

SEJUMLAH daerah menerima Penghargaan PU-Pera 2018 dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) karena dinilai berprestasi dalam peningkatan kualitas pelayanan infrastruktur di wilayah masing-masing.

"Ini adalah hasil kerja yang memang pantas diapresiasi. Tentunya pemerintah pusat akan terus membantu, mulai dari pembuatan program sampai pelaksanaan hingga selesai," ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono pada acara pemberian Penghargaan PU-Pera yang mengusung tema 'Inovasi Penyelenggaraan Pembangunan Infrastruktur untuk Pertumbuhan dan Pemerataan' di Auditorium Kementerian PU-Pera, Jakarta, Jumat (7/12). Penghargaan PU-Pera 2018 ini sendiri merupakan yang kali kedua digelar dan dilaksanakan setiap dua tahun sekali.

Dia berharap seluruh pihak yang telah ataupun belum meraih penghargaan dapat terus tergugah menciptakan inovasi dalam penyelenggaraan infrastruktur PU-Pera.

Penghargaan tersebut juga akan memberi gambaran kepada pemerintah pusat mengenai kinerja dan kapabilitas pemda dalam penyelenggaraan infrastruktur sehingga akan memudahkan dalam melakukan pembinaan dan perencanaan pembangunan nasional di masa mendatang.

Setiap pemenang akan mendapatkan program pembangunan sebesar Rp20 miliar untuk tahun anggaran 2019. Nantinya, pihak penerima program akan mengusulkan pembangunan infrastruktur yang menyesuaikan dengan kebutuhan di daerah setempat.

Terdapat tiga kategori penghargaan yaitu Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), Waste to Energy, dan Inovasi Penerapan Teknologi Penyelenggaraan Infrastruktur PUPR.

Penghargaan diberikan kepada Pemerintah Daerah yang telah berinovasi dalam penyelenggaraan, pelayanan, dan penyediaan infrastruktur PUPR sebagai praktik terbaik (best practice). Inovasi, kebaruan, dan praktik terbaik dalam penyelenggaraan infrastruktur menjadi titik utama penilaian.

Kementerian PU-Pera juga memberikan penghargaan kepada mitra kerja yang dinilai berprestasi, yaitu mitra kerja yang berpartisipasi dalam pembinaan jasa konstruksi, Komunitas Peduli Sungai (KPS), dan Perusahaan Daerah Air Minum.

Para pemenang Penghargaan PU-Pera 2018 antara lain Provinsi Kalimantan Timur di peringkat I tingkat provinsi untuk Kategori Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU) Jalan Tol, Kota Surabaya di peringkat I untuk Kategori Waste to Energy dan Provinsi Nusa Tenggara Barat di peringkat I tingkat provinsi untuk Kategori Inovasi Penerapan Teknologi Penyelenggaraan Infrastruktur PUPR. (X-11)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More