Budayawan: Bela Negara Harus Libatkan Seluruh Lapisan Masyarakat

Penulis: Rahmatul Fajri Pada: Jumat, 07 Des 2018, 20:44 WIB Politik dan Hukum
Budayawan: Bela Negara Harus Libatkan Seluruh Lapisan Masyarakat

FOTO ANTARA/Fanny Octavianus

BUDAYAWAN Mohamad Sobary mengatakan upaya bela negara harus melibatkan seluruh lapisan masyarakat. Ia mengatakan jika dalam maknanya untuk kepentingan luas, tentu menjadi sesuatu yang harus dilakukan.

Akan tetapi, jika dikaji dari perspektif lain, ia mengatakan keterlibatan masyarakat juga harus dibarengi dengan efektivitas. Ia mengatakan tak lantas jumlah lapisan masyarakat mempunyai kekuatan untuk bela negara.

"Ya tapi kalau konteks bela negara memang harus. Selagi konteks dan esensinya untuk masyarakat luas," kata Sobary ketika diskusi PARA Syndicate di Jakarta, Jumat (7/12).

Ia mengatakan jika Presiden Jokowi baru-baru ini meminta untuk melakukan aksi nyata dalam bela negara, ia rasa memang harus dilakukan, karena mengajak kepada hal yang positif.

"Bela negara sudah bagus benar. Untuk yang maknanya positif tidak ada masalah," kata Sobary.

Ia juga mengatakan jumlah kadang tidak terlalu penting dibandingkan dengan hasil yang didapat. "Misalnya ketika ada massa 8 juta, kalau hasilnya cuma sekepal ya buat apa," kata Sobary. (OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More