Kota Bekasi Masuk 10 Besar Paling Toleran

Penulis: Gana Buana Pada: Jumat, 07 Des 2018, 19:15 WIB Megapolitan
Kota Bekasi Masuk 10 Besar Paling Toleran

ANTARA FOTO/Risky Andrianto

SEBANYAK 10 kota di Indonesia dianggap menjadi kota paling toleran 2018, salah satunya Kota Bekasi. Kota yang dihuni sekitar 2,4 juta jiwa ini meraih urutan keenam.

Predikat tersebut dikeluarkan oleh Setara Institute yang meneliti persoalan toleransi di 94 objek studi kota yang ada Indonesia. Kota Bekasi mendapat skor 5.890 mengungguli empat kota lainnya, seperti Kupang, Tomohon, Binjai, dan Surabaya. Adapun, indeks toleransi Kota Bekasi masih kalah dengan Kota Singkawang, Salatiga, Pematang Siantar, Manado, dan Ambon.

"Alhamdulillah, Kota Bekasi menjadi salah satu kota toleran dan masuk dalam predikat keenam," ungkap Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, Jumat (7/12).

Menurut Rahmat, predikat tersebut merupakan bukti hadirnya pemerintah di tengah masyarakat sebagai pengayom dan menjadi perekat. Ia pun mengucapkan rasa terima kasih atas kerja sama dan dukungan semua pihak, terutama warga Kota Bekasi karena bisa hidup berdampingan dengan rukun serta damai.

"Tentunya terima kasih atas kerja sama seluruh pihak, baik tokoh agama, tokoh masyarakat, dan seluruh warga Kota Bekasi yang telah mempertahankan keharmonisan di Kota Bekasi," kata dia.

Rahmat mengatakan, di tengah kultur masyarakat yang heterogen menjaga keharmonisan, kedamaian dan kerukunan serta menjaga toleransi antarumat beragama bukanlah hal yang mudah. Apalagi, saat ini masyarakat kerap terpengaruh dengan berita hoaks.

"Dalam 'top ten' kota-kota toleran di Indonesia artinya, 50% peringkat 10 teratas adalah wajah baru bentuk keharmonisan di Indonesia," tandas dia. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More