8 Ribu Lebih Pemilih yang Masuk DPT Belum Lakukan Perekaman e-KTP

Penulis: Liliek Dharmawan Pada: Jumat, 07 Des 2018, 14:16 WIB Nusantara
8 Ribu Lebih Pemilih yang Masuk DPT Belum Lakukan Perekaman e-KTP

MI/Liliek Dharmawan

DINAS Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) menyisir 8.844 pemilih yang belum melakukan perekaman e-KTP. Padahal, warga tersebut telah tercatat dalam Pemilu 2019.

Kepala Bidang Pengolaham Informasi Administrasi Kependudukan (Piak) Dindukcapil Banyumas Lili Listiani mengatakan bahwa pihaknya terus melakukan upaya jemput bola agar warga Banyumas segera melakukan rekam data e-KTP. "Ada 8.844 pemilih yang sudah terdapat sebagai pemilih yang belum melakukan perekaman," jelasnya, Jumat (7/12).

Baca juga: KPU dan Kemendagri Harus Kompak Perbaiki DPT Pemilu 2019

Menurutnya, dalam sinkronisasi penyempurnaan daftar pemilih tetap hasil perbaikan (DPTHP) tahap kedua, pihaknya menindaklanjuti dengan melibatkan kecamatan hingga pemerintahan desa dan kelurahan.

"Desa dan kelurahan mengundang warga segera melakukan perekaman. Di sisi lain, Dindukcapil berkeliling melakukan perekaman e-KTP ke sekolah-sekolah di tingkat SMA dan sederajat. Sehingga diharapkan, warga yang telah terdaftar dalam Pemilu 2019 bisa terekam semuanya," katanya.

Sementara Komisioner KPU Banyumas Khasis Munandar mengatakan pihaknya terus berkoordinasi dengan Dindukcapil dalam melakukan perekaman e-KTP.

"Memang mereka yang belum melakukan perekaman telah masuk dalam DPT. Oleh karena itu, untuk dapat menyalurkan hak pilihnya, warga harus melaksanakan perekaman e-KTP. Jangan sampai sudah terdaftar dalam DPT, namun belum lakukan perekaman data e-KTP," pungkasnya. (OL-6)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More