Dua Pesawat Militer AS Jatuh di Laut Jepang

Penulis: (AFP/Yan/I-2) Pada: Jumat, 07 Des 2018, 04:55 WIB Internasional
Dua Pesawat Militer AS Jatuh di Laut Jepang

ANTARA FOTO/Adwit B Pramono/

OPERASI penyelamatan dan pencarian enam marinir Amerika Serikat (AS ) yang hilang di laut Jepang berlangsung intensif kemarin.

Keenam marinir itu hilang setelah dua pesawat militer AS jatuh saat operasi pengisian bahan bakar di lepas pantai Jepang. Demikian diungkapkan Menteri Pertahanan Jepang Takeshi Iwaya di Tokyo, kemarin.

"Satu marinir berhasil diselamatkan dan dalam kondisi stabil. Militer AS dan pesawat Bela Diri Jepang serta kapal-kapal sedang mencari mereka yang masih hilang. Saya berharap mereka dapat diselamatkan sesegera mungkin," kata Iwaya.

Dia menambahkan Pasukan Bela Diri Jepang telah mengerahkan sembilan pesawat dan tiga kapal untuk membantu pencarian. "Kami berterima kasih atas upaya Pasukan Bela Diri Maritim Jepang karena mereka segera menanggapi kami dalam operasi pencarian dan penyelamatan," kata Marinir AS.

Sementara itu, Angkatan Laut Ekspedisi Ke-3 AS, lewat sebuah pernyataan, menjelaskan marinir-marinir tersebut tengah melakukan latihan rutin ketika kecelakaan terjadi sekitar pukul 02.00 waktu setempat.

Sebuah jet tempur F-18 dengan dua awak serta sebuah kapal tanker pengisian bahan bakar KC-130 yang diawaki lima orang jatuh ke laut sekitar 100 kilometer dari Tanjung Muroto di barat daya Jepang.

Di kesempatan lain, juru bicara penjaga pantai Jepang mengungkapkan enam kapal dan sebuah pesawat telah dikirim secara terpisah untuk membantu upaya penyelamatan.

Sebagai informasi, militer AS memiliki sekitar 50 ribu tentara di Jepang. Menurut data, kecelakaan yang melibatkan tentara AS di 'Negeri Sakura' terbilang jarang terjadi.

Berdasarkan catatan, sejumlah kecelakaan yang pernah terjadi ialah sebuah jet tempur angkatan laut AS jatuh di laut lepas Pulau Okinawa, selatan Jepang, pada November lalu. Pada kecelakaan itu dua awaknya dapat diselamatkan.

Kemudian, pada November 2017, pesawat C-2A Greyhound dengan 11 orang awak jatuh di Laut Filipina. Delapan orang diselamatkan dan pencarian dihentikan untuk tiga korban lainnya setelah dua hari dilakukan upaya penyelamatan.

Selain itu, militer AS juga pernah mengalami insiden kecelakaan helikopter Osprey karena pendaratan darurat dan ada bagian helikopter menimpa sekolah.

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More