Survei LIPI: 42,8% Publik di 9 Provinsi 'Termakan' Isu Kebangkitan PKI

Penulis: Akmal Fauzi Pada: Selasa, 04 Des 2018, 17:27 WIB Politik dan Hukum
Survei LIPI: 42,8% Publik di 9 Provinsi

MI/Akmal Fauzi

ISU kebangkitan Partai Komunis Indonesia (PKI) di media sosial nampaknya banyak dipercayai oleh masyarakat. Hal itu tercermin dari hasil survei yang dilakukan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

Survei dilakukan di 9 Provinsi yang termasuk dalam kategori provinsi intoleran yakni, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Aceh, Jawa Timur, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, DI Yogyakarta dan Banten. Adapun jumlah sampel sebanyak 1800 responden dengan margin error 2,4%.

Dalam survei yang dilakukan, sebanyak 54,1% responden mengetahui mengenai berita terkait PKI. Dari jumlah itu, 42,8% percaya mengenai kebenaran berita yang beredar di media sosial tersebut.

“Hal ini tentu saja dapat berpengaruh terhadap tumbuhnya intoleransi dan radikalisme di Indonesia. Padahal, kebenaran terhadap berita tersebut sampai sekarang tidak dapat dibuktikan,” kata Koordinator Tim Riset Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan (IPSK) LIPI, Cahyo Pamungkas dalam seminar Studi terhadap Intoleransi dan Radikalisme di Indonesia, di Jakarta, Selasa (4/12).

Selain isu PKI, sebanyak 42,6% responden mengetahui tentang berita yang mengatakan ulama dikriminalisasi oleh negara. Dari jumlah itu, 52,9% responden percaya terkait isu tersebut.

Bahkan, berita mengenai teori bumi datar juga dipercayai masyarakat. Sebanyak 18,2% mengetahui berita tentang teori tersebut. 22,6% responden diantaranya mempercayai berita bahwa bumi datar.

“Jika terus dibiarkan, berita-berita yang tersebar secara masif ini dapat secata tidak sadar dianggap sebagai suatu kebenaran di masyarakat,” jelasnya. (OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More