Ekosistem Mobil Listrik Dunia kian Matang

Penulis: (Koreabizwire/Ant/Gnr/S-2) Pada: Kamis, 29 Nov 2018, 09:00 WIB Otomotif
Ekosistem Mobil Listrik Dunia kian Matang

DOK RIVIAN OFFICIAL

Ekosistem mobil listrik di dunia perlahan semakin matang. Di Korea Selatan, produsen mobil listrik Renault Samsung Motor Corp akan menambah jajaran mobil listrik ultrakompak mereka, Twizy, sebagai kendaraan bersama dalam komunitas tertentu yang akan memperkuat citra mereka sebagai produsen kendaraan mobil listrik terdepan.

Secara bertahap, Renault Samsung akan menyuplai sebanyak 45 Twizy bagi mobil bersama dalam komunitas LH Happiness dalam 23 kompleks apartemen yang dikelola pengembang properti Korea Land & Housing Corp (LH). Mobil itu nantinya bisa digunakan bersama penghuni dalam kompleks apartemen milik LH.

"Kami sebelumnya telah menyediakan 45 Twizy untuk 23 kompleks apartemen milik LH sejak 2013 untuk membantu penghuni dalam kompleks apartemen milik LH menggunakan mobil listrik dengan biaya 3.000 won (sekitar Rp29 ribu) per jam," kata juru bicara Renault Samsung.

Mobil Twizy yang ada di dalam apartemen LH status kepemilikannya tetap dimiliki Renault Samsung dan dirawat perusahaan gabungan tersebut. Renault Samsung juga ikut membayar biaya pengisian ulang baterai Twizy yang ada dalam kompleks apartemen yang diperuntukkan masyarakat berpenghasilan rendah itu.

Renault SA menjadi pemegang saham terbesar Renault Samsung dengan porsi kepemilikan mencapai 80%.

Ekosistem mobil listrik di dunia bukan hanya dibangun pabrikan besar, perusahaan rintisan asal Amerika Serikat (AS) Rivian Automotives juga ikut mengembangkan mobil listrik dengan model mobil sport multiguna (SUV) pikap lewat R1T dan dipamerkan ke publik untuk pertama kali pada Los Angeles Auto Show 2018.

CEO Rivian RJ Scaringe mengatakan pihaknya meluncurkan R1T karena permintaan besar yang tidak terlayani untuk mobil pikap bertenaga listrik. Ia pun mengaku optimistis mobil yang menurut rencana mulai dilepas ke pasar pada musim gugur 2020 itu akan mendapat sambutan positif dari pasar otomotif.

Scaringe belum dapat memastikan harga jual mobil yang diyakini bisa mengalahkan truk listrik milik Workhorse Group Inc dalam segmen kendaraan niaga. Ia hanya menyebutkan harga Rivian mungkin ada pada kisaran US$70 ribu hingga US$90 ribu, bergantung pada tipe baterai yang disematkan.

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More