Anggota Perempuan Bali Nine Dibebaskan Hari Ini

Penulis: Basuki Eka Purnama Pada: Rabu, 21 Nov 2018, 09:22 WIB Politik dan Hukum
Anggota Perempuan Bali Nine Dibebaskan Hari Ini

AFP/ARDILES RANTE

SATU-SATUNYA anggota perempuan geng penyelundup narkoba asal Australia Bali Nine, Renae Lawrence, Rabu (21/11) akan dibebaskan setelah menjalani hukuman penjara selama 13 tahun.

Lawrence yang kini berusia 41 tahun ditangkap pada 2005. Kala itu, ditemukan heroin seberat 2,6 kilogram yang ditempelkan di badan Lawrence yang akan meninggalkan Indonesia dari Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali.

Perempuan itu awalnya dijatuhi vonis penjara seumur hidup. Namun, vonis itu kemudian dipangkas menjadi 20 tahun dan dikurangi lagi karena kelakukan baik.

Belum diketahui waktu yang pasti pembebasan Lawrence dari Penjara Bangli.

Lawrence kemungkinan akan langsung dideportasi selepas dibebaskan. Dia akan menjadi satu-satunya anggota Bali Nine yang akan dibebaskan.

Sejumlah media masa Australia melaporkan Lawrence akan langsung ditangkap saat dia tiba di Sydney atas kasus pencurian kendaraan bermotor sebelum dia bertolak ke Indonesia.

Baca juga: KPK Telusuri Uang ke Polda Sumut

Komisaris Polisi New South Wales Mick Fuller mengatakan polisi akan menginterograsi Lawrence setibanya dia di Australia.

"Saya bisa mengonfirmasi ada dua surat penangkapan untuk dia. Dari sudut pandang kami, kami akan berbicara dengan kuasa hukumnya untuk menjalankan surat penangkapan itu," ujar Fuller.

Pemimpin Bali Nine Myuran Sukumaran dan Andrew Chan telah dieksekusi mati pada 2015. Hal itu memicu krisis diplomatik antara Australia dan Indonesia.

Juni lalu, anggota Bali Nine Tan Duc Thanh Nguyen meninggal di penjara karena kanker perut. Adapun lima anggota Bali Nine lainnya masih menjalani hukuman penjara seumur hidup.

Sejumlah kritikus menyalahkan kepolisian Australia yang memberi informasi kepada polisi Indonesia mengenai aksi kelompok itu sehingga mereka terancam hukuman mati. (AFP/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More