Mantan Presiden Peru Minta Suaka di Kedubes Uruguay

Penulis: Basuki Eka Purnama Pada: Senin, 19 Nov 2018, 11:30 WIB Internasional
Mantan Presiden Peru Minta Suaka di Kedubes Uruguay

AFP/Arquivos / ERNESTO BENAVIDES

MANTAN Presiden Peru Alan Garcia meminta suaka di Kedutaan Besar Uruguay di Lima setelah dilarang meninggalkan negara karena diselidiki terkait korupsi. Hal itu dikatakan Kementerian Luar Negeri Peru, Minggu (18/11).

Garcia yang dua kali menjabat sebagai Presiden Peru, tengah diselidiki atas dugaan menerima suap dari perusahaan konstruksi Brasil Odebrecht untuk mengamankan kontrak di masa jabatan keduanya, antara 2006 dan 2011.

Odebrecht telah mengakui membayarkan uang suap sebesar US$29 juta kepada sejumlah pejabat Peru.

Baca juga: Kapal Selam Ditemukan setelah Setahun Hilang

Kementerian Luar Negeri Peru mengatakan mereka telah diberitahu oleh Duta Besar Uruguay untuk Peru bahwa Garcia tiba di kediamannya pada Sabtu (17/11) malam meminta suaka.

Pengadilan Peru, Sabtu (17/11), mengeluarkan larangan bagi Garcia untuk meninggalkan negara Amerika Selatan itu selama 18 bulan saat jaksa menyelidiki kasus suap Odebrecht untuk mendapatkan kontrak pembangunan jaringan metro pertama di Lima.

Garcia yang juga menjabat sebagai presiden antara 1985 dan 1990 menyebut dirinya adalah korban persekusi politik. Pernyataan Garcia itu telah dibantah Presiden Martin Vizcarra yang menegaskan penyelidikan itu dilakukan secara independen oleh kejaksaan. (AFP/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More