Bangsa Mongolia Beternak Sejak 3.000 Tahun Lalu

Penulis: (Xinhua/Tes/X-3) Pada: Minggu, 18 Nov 2018, 09:05 WIB Weekend
Bangsa Mongolia Beternak Sejak 3.000 Tahun Lalu

MI/Duta

BANGSA Mongolia sudah beternak sejak 3.000 tahun silam. Kebiasaan itu merupakan transmisi budaya bukan hasil migrasi atau perubahan populasi.

Studi dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences mengungkapkan asal-usul cara hidup yang bertumpu pada pengelolaan binatang piaraan di padang rumput di Asia Timur tersebut.

Hasil temuan juga menunjukkan teknologi peternakan diperoleh dari transfer proses budaya ketimbang migrasi populasi besar.

“Bangsa Mongolia bisa menjadi model untuk memahami adaptasi melalui praktik budaya,” kata peneliti sejarah manusia dari Institut Max Planck, Christina Warinner. (Xinhua/Tes/X-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More