Rachel Amanda Bijak Pilih Makanan

Penulis: Putri Anisa Yuliani Pada: Sabtu, 17 Nov 2018, 05:00 WIB Hiburan
Rachel Amanda Bijak Pilih Makanan

MI/ARYA MANGGALA

AKTRIS sekaligus model dan penyanyi Rachel Amanda, 23, kini lebih bijak dalam memilih makanan setelah dinyatakan sembuh dari kanker tiroid yang pernah dideritanya pada 2014.

Ia mengaku tidak memantang makanan tertentu. Namun, percaya dengan lebih bijak dalam mempertimbangkan konsumsi makanan, ia bisa tetap nyaman mengonsumsi makanan sehat.

"Kalau lagi mau makan junk food misalnya, saya lalu kembali berpikir apa manfaatnya makan itu? Kemudian, mencari penggantinya. Dengan begitu, pikiran dan tubuh juga nyaman," katanya saat ditemui di Jakarta, Selasa (13/11).

Perempuan sarjana psikologi Universitas Indonesia itu mengungkapkan, sebelum terdeteksi menderita kanker, awalnya ia hanya mengalami gangguan tiroid berlebih atau hipertiroid. Gangguan itu pun hampir tidak ia rasakan karena tidak memiliki gejala khusus seperti penyakit lainnya.

Ketika itu, perempuan kelahiran 1 Januari 1995 tersebut hanya merasa mudah lelah, padahal hanya melakukan sedikit aktivitas sejak vakum dari dunia sinetron kejar tayang. Oleh karena itu, ia tidak menghiraukan kondisi tersebut, lantaran aktivitas di kampus juga lumayan melelahkan.

Namun, seiring waktu, gejalanya bertambah parah, diikuti dengan gejala tangannya sering gemetar tanpa sebab.

Oleh karena itu, ia kemudian memeriksakan diri ke dokter dan didiagnosis memiliki hipertiroid dan tumor jinak pada kelenjar tiroid sebelah kanan. Rachel memutuskan melakukan operasi tiroid sebelah kakan, tetapi dokter lalu memutuskan mengangkat kedua tiroid karena mengkhawatirkan hasil tes tiroid sebelah kiri yang terindikasi tumor ganas.

"Saat dokter hendak mengangkat yang sebelah kiri itulah ditemukan anak sel kanker," tutur aktris yang akan berperan dalam film Terlalu Tampan itu.

Dokter selanjutnya menyarankan kepada perempuan yang pernah berduet dengan penyanyi religius, Opick, tersebut untuk terapi radiasi guna menghilangkan anak sel kanker yang diperkirakan juga ada di sekitar leher.

Pemeriksaan rutin
Ia bersyukur karena kanker yang ditemukan masih dalam tahap awal atau stadium satu sehingga dengan hanya menjalani satu kali terapi radiasi, kankernya hilang. Setelahnya, Amanda mengaku harus mengonsumsi obat seumur hidup sebagai pengganti kerja kelenjar tiroid.

Amanda juga harus melakukan pemeriksaan tiroid secara rutin setiap bulan dan wajib melakukan pemeriksaan kesehatan menyeluruh minimal satu tahun sekali guna melihat adanya kemungkinan kanker di bagian tubuh lain.

Kini ia sangat menjaga kesehatannya dengan mengurangi aktivitas di dunia hiburan dan tidak lagi menerima tawaran sinetron kejar tayang. Ia saat ini hanya menerima tawaran untuk bermain film.

Dengan dimilikinya waktu luang, ia juga bisa rutin berolahraga. Meski tidak lagi bisa menjalani olahraga berat seperti aikido yang dulu sangat digemarinya, Amanda tetap berolahraga minimal dua hari sekali.

"Saya pilih yoga dan pilates dua hari sekali. Kedua jenis olahraga itu sangat bermanfaat. Selain stamina lebih terjaga, juga membuat batin terasa tenang dan nyaman. Itu lebih penting," tuturnya. (H-1)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More