Perbaikan Parlemen Mendesak Dilakukan

Penulis: Putri Rosmalia Octaviyani Pada: Jumat, 16 Nov 2018, 19:24 WIB Politik dan Hukum
Perbaikan Parlemen Mendesak Dilakukan

MI/ARYA MANGGALA

KETUA Dewan Pertimbangan Partai NasDem, Siswono Yudo Husodo mengatakan, perbaikan parlemen Indonesia harus dengan serius dilakukan. Hal itu merupakan tugas partai politik dan juga masyarakat.

"Parpol harus sediakan kader berkualitas sementara rakyat harus memilih denhan bijak," ujar Siswono.

Ia mengatakan, saat ini peran dan kinerja DPR dan DPD RI masih sangat minim. DPD dianggapnya tidak berdampak keberadaannya. Selain karena kualitas anggota, juga karena tidak memiliki banyak kewenangan dan ruang untuk mengambil keputusan.

Sementara DPR RI, ia mengatakan jika belum pernah bekerja dengan maksimal dalam menyelesaikan undang-undang. Kerja DPR RI dalam memproduksi undang-undang dianggap minim dan lambat.

"Setiap tahun belum pernah DPR berhasil menyelesaikan setidaknya 60% dari prolegnas," ujar Siswono.

Ia mengatakan, untuk bisa menjadikan Indonesia negara maju, peran parlemen yang berkualitas sangat strategis. Untuk itu, ia mengatakan perlu pembenahan dalam tubuh partai politik dengan menyeluruh.

"Memang tidak mudah, tetapi memperbaiki sistem bernegara di setiap bangsa itu memang proses tanpa akhir. Jadi perbaikan harus terus dilakukan," tutup Siswono. (OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More