Kroasia Terlepas dari Jet Lag

Penulis: Satria Sakti Utama Pada: Jumat, 16 Nov 2018, 10:53 WIB Sepak Bola
Kroasia Terlepas dari Jet Lag

AFP

FINAL Piala Dunia 2018 yang digelar Juli lalu menjadi pencapaian yang tertinggi bagi tim nasional (Timnas) Kroasia. Tidak ayal tim asuhan Zlatko Dalic ini seperti mengalami jet lag selepas penyelenggaraan turnamen terakbar sepak bola tersebut.

Kroasia secara mengejutkan takluk 0-6 dari Timnas Spanyol dalam kunjungan ke Sevilla pada laga pembuka Grup 4 Liga Negara UEFA (UNL).

Pertandingan tersebut digelar kurang dari dua bulan selepas Piala Dunia 2018 berakhir. Sebulan setelahnya, Kroasia pun harus puas berbagi angka dari Timnas Inggris pada laga kedua UNL di Rijeka. Skor kala itu berakhir seri 0-0.

Akan tetapi, momentum buruk tersebut mulai berubah arah pada pertengahan November kali ini. Skuat 'Vatreni'--julukan Kroasia-- bangkit dengan mengalahkan Spanyol di Zagreb, Jumat (16/11) dini hari. Luka Modric dkk menang dramatis dengan skor 3-2.

Baca juga: Jedvaj Cetak Dua Gol, Kroasia Kalahkan Spanyol

Kroasia sempat dua kali unggul berkat gol Andrej Kramaric (54') dan bek sayap Tin Jedvaj (69'). Namun, 'La Furia Roja'--julukan Spanyol-- memberikan perlawanan sengit dengan dua kali pula menyamakan skor. Gol balasan diciptakan duo Real Madrid yakni Dani Ceballos (56') dan penalti Sergio Ramos (78'). Namun, gol kedua Jedvaj di menit tambahan memupuskan harapan Spanyol untuk mencuri angka di Zagreb.

Kemenangan ini menyalakan kembali kans Kroasia untuk lolos ke empat besar UNL 2018/2019. Tapi hanya satu jalan yang harus ditempuh yakni meraih kemenangan kala mengunjungi Wembley--markas Timnas Inggris-- pada Minggu (18/11) dini hari.

"Kami pantas mendapatkan hasil ini, kami bertahan hingga akhir untuk menanti satu kesalahan demi mengalahkan mereka. Ini memberikan kami banyak kekuatan," jelas gelandang Kroasia Ivan Rakitic.

Kendati demikian, laga ini bak dua mata pisau bagi Kroasia. Pasalnya jika Kroasia ditahan imbang 0-0 atau kalah dari Inggris pada laga tersebut, mereka harus siap-siap terdegradasi ke UNL B tahun depan.

"Kami menikmati waktu kami dan senang melihat pendukung kami memenuhi stadion. Mengalahkan Spanyol merupakan hasil yang luar biasa bagi kami. Sekarang kami akan ke Wembley dan melihat apa akhirnya," imbuh Rakitic. (goal/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More