Rancangan Kesepakatan Brexit Rampung

Penulis: (CNN/Tes/I-1) Pada: Kamis, 15 Nov 2018, 07:00 WIB Internasional
Rancangan Kesepakatan Brexit Rampung

AFP

PERWAKILAN Inggris dan Uni Eropa akhirnya menyetujui rancangan kesepakatan keluarnya Inggris dari Uni Eropa (Brexit). Dibutuhkan waktu dua tahun untuk merampungkan perundingan, setelah munculnya referendum yang menyatakan keinginan Inggris menarik diri dari lingkaran Uni Eropa.

Perdana Menteri Inggris Theresa May telah menyerukan urgensi percepatan pembahasan rancangan kesepakatan. Mengingat, negosiasi yang berjalan dalam beberapa bulan terakhir belum menunjukkan titik cerah. Sepanjang pekan ini, pihaknya mendesak tim perunding menjalankan rapat maraton hingga larut malam.

Juru bicara Kantor PM Inggris yang dikenal dengan sebutan Downing Street, mengatakan kabinet bertemu pada Rabu siang waktu setempat. Agendanya ialah mempertimbangkan rancangan kesepakatan yang dicapai tim perunding di Brussels. "Para menteri kabinet telah diundang untuk membaca dokumentasi rancangan kesepakatan jelang pertemuan tersebut," jelas juru bicara.

Dari pantauan di lokasi, sejumlah menteri utama tampak memasuki kantor PM Inggris untuk diberi pengarahan satu per satu. Rancangan kesepakatan disebut mencakup ratusan halaman. Terca-painya rancangan kesepakatan Brexit menjadi momen penting bagi May, yang memiliki gaya kepemimpinan keras. Dia menargetkan penyusunan rancangan kesepakatan selesai pekan ini, agar ada kesempatan untuk melakukan proses ratifikasi. Sebelum pada akhirnya Inggris meninggalkan Uni Eropa akhir Maret 2019.

Wakil Pemimpin Partai Uni Demokrat, Nigel Dodds, blok sayap kanan Irlandia Utara yang mendukung pemerintahan May, menuturkan pihaknya akan mempertimbangkan posisinya.

"Penting bagi May untuk melihat apakah kesepakatan ini bisa memuaskan semua pihak. Ini akan menjadi pertaruhan yang sulit. Saya masih mempertimbangkannya, tetapi mari kita lihat detail kesepakatan yang sebenarnya," jelas Dodds.

Adapun sejumlah pejabat Uni Eropa menyerukan urgensi kehati-hatian, mengingat masih ada rincian perjanjian yang perlu disepakati. Seorang diplomat menyebut Uni Eropa dalam posisi menunggu. "Negara-negara anggota Uni Eropa belum melihat rancangan itu. Karena rancangannya baru pada tingkat teknis. Adapun kami memiliki gagasan terkait indikator utama, sebuah peyokong luas yang mencakup aspek kesatuan untuk Inggris, berikut harmonisasi regulasi untuk Irlandia Utara," papar pejabat yang enggan disebutkan identitasnya kepada CNN.

Diplomat Uni Eropa lainnya menekankan rancangan kesepakatan Brexit belum final, sebelum disetujui kabinet Inggris. Pada pertemuan di Brussel Rabu ini, kabinet Inggris akan bertemu dengan duta besar dari 27 negara Uni Eropa.

Isi rancangan kesepakatan diketahui meliputi ketentuan keluarnya Inggris dari Uni Eropa setelah 45 tahun keanggotaan. Rancangan kesepakatan disetujui tim perunding dari kedua belah pihak, termasuk rincian teknis ketentuan Brexit.

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More