Survei: Jokowi-Amin Unggul di Kalangan Pengikut Ulama

Penulis: Insi Nantika Jelita Pada: Rabu, 14 Nov 2018, 18:40 WIB Politik dan Hukum
Survei: Jokowi-Amin Unggul di Kalangan Pengikut Ulama

MI/ADAM DWI

DUKUNGAN pemilih yang mendengarkan imbauan ulama terpecah di Pemilihan Umum Presiden 2019. Namun, mayoritas dari mereka mendukung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

"Jokowi-Ma'ruf menang di pemilih yang mendengar imbauan ulama dan yang tidak mendengar imbauan ulama," kata peneliti LSI Denny JA, Ikrama Masloman, dalam konferensi pers di Kantor LSI Denny JA, Jalan Pemuda, Rawamangun, Jakarta, Rabu (14/11).

LSI Denny JA mencatat ada lima ulama yang paling dikenal masyarakat. Mereka adalah Abdul Somad (59,3%), Arifin Ilham (41,2%), Yusuf Mansur (57,2%), Aa Gym (69,3%), dan Rizieq Shihab (53,4%).

Dari kelima ulama itu, imbauan Abdul Somad paling didengarkan oleh masyarakat sebesar 30,2%. Arifin Ilham diikuti 25,9% responden, Yusuf Mansur 24,9%, Aa Gym 23,5%, dan Rizieq Shihab 17%.

Suara dari para pendengar imbauan ulama tak semua masuk ke satu pasangan di Pilpres 2019. Misalnya, pemilih yang mendengarkan imbauan Abdul Somad sebesar 54,3% menyatakan akan memilih Prabowo-Sandi. Sementara itu, 38,6% lainnya akan memilih Jokowi-Amin.

"Meski terbagi dukungannya, namun Prabowo-Sandi unggul di pemilih yang menyatakan imbauan Ustaz Somad berpengaruh ke mereka," ujar Ikrama.

Selain Abdul Somad, pemilih yang mendengarkan imbauan Rizieq Shihab juga mayoritas mendukung Prabowo-Sandi sebesar 63%. Sementara itu, 31,5% akan memilih Jokowi-Ma'ruf.

Beda halnya dengan pemilih yang mendengarkan imbauan dari tiga ulama lain. Mereka cenderung mendukung Jokowi-Ma'ruf.

Pemilih yang mendengar imbauan Arifin Ilham sebesar 48,7% akan memilih Jokowi-Amin. Sebanyak 45,7% menyatakan akan memilih pasangan Prabowo-Sandi.

Di responden yang mendengar imbauan Yusuf Mansur, sebesar 49% menyatakan akan memilih Jokowi-Ma'ruf. Sebesar 44,4% akan memilih pasangan Prabowo-Sandi.

Kemudian, pemilih yang menyatakan mendengar imbauan Aa Gym sebesar 49,2% menyatakan akan memilih Jokowi-Amin. Sementara itu, sekitar 46,2% menyatakan akan memilih pasangan Prabowo-Sandi.

"Jadi terbagi suaranya, tiga (ulama) di Jokowi-Ma'ruf dan dua di Prabowo-Sandi," ucap dia.

Survei ini dilakukan secara nasional di 34 provinsi pada 10 sampai 19 Oktober 2018. Survei ini menggunakan 1.200 responden dengan metode multistage random sampling. Margin of error dari survei ini sekitar 2,8%. (Medcom/OL-1)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More