Ini Solusi untuk Masalah Rekening di SKTP

Penulis: micom Pada: Selasa, 13 Nov 2018, 20:50 WIB Media Guru
Ini Solusi untuk Masalah Rekening di SKTP

MI/Bary Fathahilah

KEMENTERIAN Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan terus berupaya memberikan layanan terbaik dalam meningkatkan profesionalisme para guru dan menjamin kelancaraan penerimaan Tunjangan Profesi Guru (TPG) .

Walaupun berbagai regulasi telah disiapkan, kenyataan menunjukkan masih dijumpai permasalahan  dalam pencairan TPG. Misalnya yang berkaitan dengan nomor rekening dalam Surat Keputusan Tunjangan Profesi (SKTP). Dalam beberapa kasus mungkin terjadi guru sudah mendapat SKTP tetapi belum mendapatkan nomor rekening. Jadi sebaiknya guru proaktif mencari informasi dan menyelesaikannya melalui Dinas Pendidikan Kabupaten/kota yang akan meneruskannya ke Ditjen GTK.

Dalam konteks pencairan TPG , telah terjadi perubahan terhadap sistem/mekanisme pencairan langsung ke KPPN menjadi menggunakan bank penyalur. Sistem baru ini memungkinkan kesalahan nomor rekening aktif/tidak aktif  dan kesalahan nama pemiliki rekening.

Ada pula permasalahan nomor rekening tidak aktif tetapi masih digunakan dan ini biasa terjadi pada guru non PNS.

Mengantisipasi masalah terkait kesalahan nomor rekening ini, Ditjen GTK terus melakukan langkah-langkah antisipasi dan koordinasi. Salah satu langkah antisipasi yang dilakukan yaitu melakukan verfikasi dan validasi data nomor rekening dengan pihak bank sebelum proses pencairan. Proses verifikasi dan validasi ini juga harus dilakukan oleh pihak Dinas Pendidikan Kabupaten/kota. (RO/X-11)

Berita Terkini

Read More

Poling

Debat perdana Pilpres 2019 menjadi ajang untuk menunjukkan impresi para kandidat Pasangan Calon Capres-Cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Menurut Anda siapa yang unggul di debat perdana ini?





Berita Populer

Read More