Manfaatkan Info GTK untuk Pembaruan Data Guru

Penulis: micom Pada: Selasa, 13 Nov 2018, 18:15 WIB Media Guru
Manfaatkan Info GTK untuk Pembaruan Data Guru

ANTARA FOTO/Indrayadi TH

PARA guru diharapkan terus memperbarui data individu maupun data sekolah tempatnya mengajar sehingga tidak bermasalah dengan misalnya pencairan tunjangan profesi guru .

Direktorat GTK Kemdikbud telah menyediakan aplikasi Info GTK untuk menjawab masalah data tersebut. Aplikasi ini dapat diakses melalui SIM PKB atau dapat juga dibuka langsung situs Info GTK Kemdikbud.

Aplikasi yang mengambil data dari sistem Dapodik ini  memuat data identitas dan aktivitas pendidik pada sistem berjalan. Selain itu, aplikasi ini juga memuat data sekolah induk dan data rombongan belajar.  Intinya, aplikasi ini memfasilitasi guru untuk dapat mengecek validitas dan kebaruan data identitas dan aktivitasnya di sekolah pada sistem dapodik. Semua data tersebut diperbaharui melalui aplikasi dapodik sekolah oleh operator sekolah.

.“Kuncinya adalah sikap proaktif guru dan operator sekolah untuk memastikan data-data yang dimasukkan ke dalam sistem dapodik sudah benar dan update,” ungkap Ade Nasrun, Kepala Sub Bidang Data Ketenagaan, Pusat Data dan Statitistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemdikbud, beberapa waktu lalu.

 Masalah di Info GTK yang sering ditanyakan guru misalnya soal “data dapodik sekolah yang belum update”. Cara mengatasinya, periksa tanggal sinkronisasi dapodik sekolah. Tanggal tersebut menunjukkan kapan terakhir data diperbarui oleh sekolah. Pengecekan dan perbaruan data dapodik ini penting agar tidak terjadi kesalahan saat verifikasi data. (RO/X-11)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More