Gubernur Sumsel Segera Terapkan Status Siaga Bencana Hidrometeorologi

Penulis: Dwi Apriyani Pada: Selasa, 13 Nov 2018, 15:35 WIB Nusantara
Gubernur Sumsel Segera Terapkan Status Siaga Bencana Hidrometeorologi

MI/Dwi Apriani

MASUKNYA musim penghujan saat ini membuat sejumlah daerah harus waspada atas ancaman berbagai bencana. Seperti banjir, angin puting beliung,longsor dan sebagainya.

"Kami sudah lakukan koordinasi. Saat ini masih dalam tahap memetakan wilayah rawan bencana. Daerah-daerah mana saja yang biasanya terkena bencana," ucap Gubernur Sumsel Herman Deru, Selasa (13/11).

Seperti di Kota Palembang yang merupakan langganan banjir, OKU, OKI, dan OKUS serta OKUT yang juga merupakan daerah langganan banjir, tanah longsor dan sebagainya. Selain itu juga Muratara dan Mura yang setiap tahun selalu terkena bencana serupa.

"Kita akan rapatkan kembali masalah ini dengan instansi terkait. Selain pemetaan juga akan segera dilakukan upaya dan langkah penanganan. Dari situ, rencananya pekan depan akan kita terapkan status siaga bencana hidrometeorologi, termasuk banjir dan longsor," ungkapnya.

 

Baca juga: Curah Hujan Meningkat, Waspada Banjir dan Longsor

 

Adapun sebagai tahapan penanganan, kata dia, pihaknya sudah mengintruksikan semua intansi untuk menyiagakan alat berat di lokasi rawan bencana. Pemprov Sumsel juga menyiapkan sarana dan fasilitas yang membantu dalam upaya penanganan bencana seperti perahu karet dan sebagainya.

Kemudian untuk langkah selanjutnya, pihaknya pun telah meminta instansi untuk segera mengucurkan bantuan seperti logistik, makanan dan sebagainya untuk korban terdampak bencana.

"Kita pun sudah meminta kepada pemerintah kabupaten dan kota untuk melakukan hal serupa, siaga dalam antisipasi bencana ini," tandasnya. (OL-3)
 

Berita Terkini

Read More

Poling

Debat perdana Pilpres 2019 menjadi ajang untuk menunjukkan impresi para kandidat Pasangan Calon Capres-Cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Menurut Anda siapa yang unggul di debat perdana ini?





Berita Populer

Read More