Kursi Roda dan Thesis Hawking Terjual Rp16,8 Miliar

Penulis: Marcheilla Ariesta Pada: Sabtu, 10 Nov 2018, 21:08 WIB Internasional
Kursi Roda dan Thesis Hawking Terjual Rp16,8 Miliar

AFP

SEORANG pembeli misterius menghabiskan sekitar USD390 ribu atau setara Rp5,7 miliar untuk membeli kursi bermotor milik fisikawan ternama Stephen Hawking. Kursi tersebut dilelang di tempat pelelangan Christie's di London, Inggris.

"Hasil penjualan hari ini luar biasa. Lebih dari 400 penawar terdaftar dari 30 negara berbeda. Hal ini menunjukkan kekaguman luar biasa terhadap Stephen Hawking," ungkap kepala buku dan manuskrip Christie's, Thomas Venning, dilansir dari laman The New York Times, hari ini.

Tesis Hawking berjudul 'Properties of Expanding Universes,' yang berisi mengenai asal-usul ruang dan waktu, juga menarik perhatian banyak orang. Karyanya itu terjual seharga USD760 ribu atau setara Rp 11,1 miliar.

Kursi roda dan tesis adalah sebagian dari 22 barang milik Hawking yang dilelang secara daring sejak 31 Oktober. Semua barang terjual dengan total sekitar USD1,8 juta atau sekitar Rp26,4 miliar.

Selain Hawking, beberapa barang milik Sir Isaac Newton, Charles Darwin dan Albert Einstein juga dilelang.

Hawking sempat menggunakan kursi roda merah di akhir 1980-an dan awal 90-an. Dia berhenti menggunakannya ketika tak lagi bisa mengarahkan pergerakannya dengan tangan.

Pria asal Inggris itu menghabiskan sebagian besar hidupnya di atas kursi roda karena kehilangan kendali atas otot-ototnya akibat penyakit Lou Gehrig. (OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More