Merekam Jejak Seabad Monumen Pers

Penulis: Usman Iskandar Pada: Minggu, 11 Nov 2018, 08:00 WIB Hiburan
Merekam Jejak Seabad Monumen Pers

MI/Usman Iskandar
Karya Wibowo Rahardjo Mengamati patung Tokoh-tokoh masa lalu

PADA awal tahun 1946 sejumlah wartawan menggelar kongres yang untuk pertama kalinya di Gedung Societeit Sasana Suka Mangkunegaran Surakarta, Jawa Tengah. Dalam kongres itu, tidak hanya para wartawan yang hadir, tetapi juga para penerbit, pemimpin majalah, ‘pembantu tersiar’, pemberita siaran radio, jawatan penerangan, dan badanbadan lainnya yang berkaitan dengan penyebaran berita dan publikasi.

Tan Malaka, M Natsir, Mr Amir Syarifuddin, M Tabrani, Adam Malik, Bung Tomo, dan sejumlah tokoh lainnya yang hadir bersepakat merumuskan semangat persatuan dan nasionalisme melalui siaran pers yang jujur untuk melawan NICA (Netherland Indies Civil Administration) kala itu. Organisasi wartawan yang bernama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) juga berhasil dibentuk dan lahir di gedung yang dulu merupakan balai pertemuan kerabat Mangkunegaran dan dibangun tahun 1918 oleh KGPAA Sri Mangunegoro VII.

Tepat 32 (tiga puluh dua) tahun kemudian pada 9 Februari 1978, gedung Societeit Sasana Suka berganti menjadi Monumen Pers seusai diresmikan Presiden Soeharto. Bangunan sejarah yang menyimpan jejak perjalanan panjang pers Indonesia ini menjadi objek lomba foto bertajuk Seabad Gedung Monumen Pers Nasional. Kegiatan yang diselenggarakan komunitas fotografi Media Indonesia, Dari Balik Lensa, bekerja sama dengan Monumen Pers Nasional ini bertujuan membangkitkan kembali semangat persatuan dan kebinekaan yang direkam dalam bingkai foto.

Dalam lomba foto untuk masyarakat umum yang diselenggarkan pada 25 Oktober 2018 ini, peserta yang ingin ikut harus lebih dahulu mengisi formulir yang disediakan panitia dengan kuota peserta hanya 150 orang. Alhasil sebanyak 306 lembar karya foto dari peserta berhasil dikumpulkan hingga batas waktu yang ditentukan. Tim juri Dari Balik Lensa menyeleksi dan memilih tiga foto pemenang terbaik dan sepuluh foto nominasi. Berikut foto-foto yang berhasil lolos dalam kompetisi ini.

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More