Keunikan Kantong Semar

Penulis: (M-3) Pada: Minggu, 11 Nov 2018, 06:45 WIB Weekend
Keunikan Kantong Semar

MI/WANDARI

MENDENGAR kantong semar, mengingatkan kita pada tanaman pemakan hewan yang hinggap di sekitar bunga ini lo. Di film-film animasi digambarkan kantong semar ini melahap habis karena mempunyai mulut dan gigi yang tajam. Padahal kenyataanya berbanding terbalik lo sobat.

Sobat tahu, tanaman ini ada di seluruh pulau Indonesia. Nepenthes ampullaria atau kantong semar memiliki bentuk seperti termos hidup di dataran rendah seperti Bogor dan Jakarta.

Keunikannya tentu terdapat pada kantong. Kantong ini akan tumbuh apabila ia kekurangan nutrisi. "Jika biasanya untuk tumbuh bagus, tumbuhan harus ditanam di tanah yang subur dan pakai pupuk, Nepenthes ini kebalikannya jika tanahnya subur justru kantongnya tak ada, cuma daun saja," ungkap ibu Yupi. Hal ini menjadi cara dia hidup di hutan lo sobat. Jika banyak kantong, otomatis akan menarik serangga yang melintas. "Ingat, bukan dia yang makan tapi serangga sendiri yang datang ke sana dan masuk ke dalam kantong," lanjut Bu Yupi.

Di dalam kantong ini ada cairan lengket yang membuat serangga tidak bisa naik dan mati. Jika sudah begini, Nepenthes memanfaatkan serangga untuk makanannya, dicerna secara enzimatis dan dijadikan nutrisi. "Dia tidak gigit, makan pun dalam artian berbeda sehingga sebenarnya aman untuk dipegang anak-anak," kata Bu Yupi.

Nah bagaimana sobat, seru kan science kali ini? (M-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More