Jenis Tanaman

Penulis: (M-3) Pada: Minggu, 11 Nov 2018, 06:30 WIB Weekend
Jenis Tanaman

ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan

BU Yupi menegaskan semua tanaman umumnya bisa diperbanyak lewat cara ini. Pasalnya, makhluk yang berasal dari satu sel yang menjadi makhluk yang utuh. Tapi pelaksanaannya, tidak semuanya mudah lo.

"Kantong semar, misalnya, di alamnya tumbuhan ini berumah dua artinya bunga jantan dan bunga betina itu beda individu sehingga peluang menghasilkan buah susah karena tidak terjadi perkawinan. Kami menyelamatkan dari alam supaya tidak punah, kemudian mempelajar, memperbanyak dan bisa dimanfatkan untuk masyarakat sehingga masyarakat tak perlu merambah ke hutan untuk mendapatkannya," kata Bu Yup.

Tanaman ini, kata Bu Yupi, termasuk yang diatur perdagangannya dan dilindungi Undang-undang dan CITES (Conservation on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna dan Flora), yakni perjanjian internasional antarnegara yang disusun berdasarkan resolusi sidang anggota World Conservation Union. Tanaman ini termasuk pada Apendik 2 yang memuat lampiran daftar spesies yang tidak terancam maupun terancam kepunahannya apabila perdagangan terus berlanjut tanpa pengaturan.

"Itu artinya tidak boleh memperjualbelikan ini secara sembarangan, yang boleh diperjualbelikan hanya hasil perbanyakan. Di kebun raya bogor kami memperbanyak dan memperjual belikan hasil perbanyakannya," lanjut ibu Yupi.

Saat ini ada beberapa jenis tanaman yang telah diperbanyak LIPI menggunakan teknik ini. Di antaranya empat jenis kantong semar, lebih dari 70 jenis anggrek, talas-talasan seperi bunga bangkai, hingga keladi hias.

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Debat perdana Pilpres 2019 menjadi ajang untuk menunjukkan impresi para kandidat Pasangan Calon Capres-Cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Menurut Anda siapa yang unggul di debat perdana ini?





Berita Populer

Read More