Siap-Siap, Sebagian Besar Wilayah Indonesia akan Diguyur Hujan Deras

Penulis: Putri Anisa Yuliani Pada: Sabtu, 10 Nov 2018, 17:15 WIB Humaniora
Siap-Siap, Sebagian Besar Wilayah Indonesia akan Diguyur Hujan Deras

ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

MEMASUKI akhir pekan kedua dan menjelang pekan ketiga bulan November, hampir seluruh Indonesia akan diguyur hujan deras antara 150 mm hingga 50 0mm.

Kepala Humas Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Hary Sujatmiko, mengungkapkan hampir seluruh wilayah Indonesia akan diguyur hujan deras kecuali wilayah Pulau Jawa Bagian Timur, Bali, Pulau Sumatra bagian timur dan sebagian Kalimantan.

"Selain wilayah-wilayah itu akan diguyur hujan cukup deras antara 150 mm hingga 500 mm," kata Hary saat dihubungi Media Indonesia, Sabtu (10/11).

Wilayah yang akan diguyur hujan dengan intensitas sedang sekitar 150 mm hingga 200 mm yakni pesisir utara Pulau Sumatra yakni Aceh, Sumatra Utara. Lalu wilayah lainnya yang diguyur hujan dengan intensitas yang sama yakni Pulau Sumatra bagian barat, Pulau Papua tepatnya di Pegunungan Jayawijaya.

 

Baca juga: Sumatra bagian Utara hingga Papua Berpotensi Alami Banjir

 

Sementara itu wilayah dengan intensitas hujan menengah hingga tinggi dengan curah hujan 200 mm-500 mm yakni sebagian Pulau Sumatra, Sulawesi bagian tengah hingga utara, dan Papua.

"Wilayah-wilayah ini memiliki potensi hujan di atas normal dengan frekuensi hujan yang bisa terjadi dalam waktu yang cukup lama," ungkapnya.

Sementara itu kondisi sebaliknya terjadi di wilayah Pulau Madura, Nusa Tenggara, Bali dan Sulawesi bagian selatan.

"Wilayah tersebut justru akan kekurangan curah hujan atau sifat hujannya jauh di bawah normal karena hanya 50 mm hingga 100 mm," terangnya.

Hary mengungkapkan faktor yang membuat sebagian wilayah masih minim curah hujan adalah wilayah selatan Indonesia yang masih dialiri oleh Angin Timuran yang membawa angin kering. Berbeda dengan wilayah barat, timur, utara yang sudah dialiri Angin Baratan yang dapat membentuk awan hujan. (OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More