Kebakaran Dahsyat di California Kian Meluas

Penulis: Tesa Oktiana Surbakti Pada: Sabtu, 10 Nov 2018, 16:45 WIB Internasional
Kebakaran Dahsyat di California Kian Meluas

AFP

KEBAKARAN hutan di wilayah negara bagian California, Amerika Serikat (AS), menyebar dengan cepat. Sembilan orang dinyatakan tewas dan puluhan ribu penduduk harus dievakuasi. Resor tersohor di Malibu pun ikut terancam.

Pejabat setempat mengungkapkan sembilan korban tewas di lokasi kebakaran hebat di area Butte County, wilayah utara Ibu Kota Sacramento. Kawasan dengan populsi 26 ribu orang sudah mendapat perintah evakuasi. 

Pergerakan api yang begitu cepat atau dikenal "Camp Fire", dilaporkan sejak Kamis pagi waktu setempat. Hembusan angin kencang membuat pergerakan api semakin luas, hingga menghanguskan 28,3 ribu hektare lahan.

Dua kebakaran juga menyasar wilayah selatan California, yakni Ventura County. Kawasan itu menjadi saksi bisu atas aksi seorang veteran yang menembak mati 12 orang di sebuah bar musik country pada Rabu lalu. 

"Besarnya dampak kerusakan yang kita lihat sungguh tidak dapat dipercaya. Membuat hati pilu, dan semua orang terkena akibatnya," ujar Direktur Kantor Pelayanan Gawat Darurat California, Mark Ghilarducci.

Sekitar Jumat (9/11) malam, Kepala Polisi Wilayah Butte County, Korey Honea, memperbarui angka korban jiwa yang disebabkan peristiwa kebakaran. 

"Ini berat bagi saya untuk menyatakan total jumlah korban jiwa mencapai 9 orang. Sebelumnya ada 5 orang yang dilaporkan tewas, lalu bertambah 4 orang lagi," jelas Honea. 

Akan tetapi, dia belum bisa merinci identitas seluruh korban. Sementara itu, puluhan orang dilaporkan hilang.

"Saya belum bisa merinci data korban. Karena penyisiran di lapangan masih berlanjut, petugas juga terus berupaya mencapai lokasi di mana korban dilaporkan tewas," kata Honea. 

Adapun 4 orang korban tewas ditemukan di dalam kendaraan sekitar wilayah Paradise, lainnya ditemukan di dekat kendaraan. Sementara 3 orang ditemukan tewas di luar kediamannya, dan 1 orang korban tewas lainnya masih di dalam rumah.

Warga yang berhasil menyelamatkan diri mengunggah video rekaman peristiwa yang begitu mengerikan dalam jejaring sosial. Terlihat warga berusaha berlari lebih cepat untuk melewati api warna oranye yang berputar-putar. Dahsyatnya api berhasil menghancurkan ratusan rumah, bangunan rumah sakit, stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU), sejumlah restoran dan kendaraan.

Otoritas setempat telah mengeluarkan perintah evakuasi wajib terhadap lebih dari 52 ribu warga di kaki gunung Sierraa Nevada, termasuk sebagian warga yang tinggal di Chico dengan populasi mencapai 92 ribu jiwa.

 

Baca juga: Kim Kardashian hingga Del Torro Dievakuasi dari Kebakaran Malibu

 

Gubernur California Gavin Newsom mengumumkan wilayahnya memasuki status darurat. Pihaknya terus menyalurkan bantuan ke sejumlah wilayah terdampak. Lebih dari 2.200 petugas pemadam kebakaran dikerahkan untuk menjinakkan kobaran api, dengan bantuan helikopter dan water tanker.

"Seluruh bagian bawah wilayah Paradise sudah dilalap api. Semuanya. Tidak ada satupun rumah yang selamat. Aku sangat sedih," ujar Kevin Winstead, salah satu warga Magalia.

Di wilayah selatan California, otoritas setempat menyatakan sekitar 105 ribu warga telah dievakuasi. Departemen Pemadam Kebakaran Ventura mengungkapkan "Woolsey Fire" menghanguskan lahan seluas 35 ribu hektar. Adapun perintah evakuasi wajib dikeluarkan kepada 88 ribu rumah di wilayah tersebut dan negara tetangga Los Angeles.

"Warga wajib untuk memperhatikan perintah evakuasi. Kebakaran ini begitu dahsyat karena didorong angin kencang," bunyi peringatan Departemen Pemadam Kebakaran Los Angeles melalui akun twitter.

Ruas jalan tol dekat wilayah Agoura Hills bahkan telah disinggahi "Woolsey Fire". Begitu juga dengan wilayah pantai utara maupun selatan, yang memicu evakuasi wajib kepada seluruh penduduk Kota Malibu. 

"Kami sudah mendengar perintah evakuasi, dan telah memasang alat penyiram jika api mendekati rumah kami," tukas Patrick Henry, warga Malibu.

Wilayah Malibu menjadi kawasan strategis yang banyak dihuni sejumlah bintang Hollywood ternama. Leonardo DiCaprio, Jack Nicholson, Jennifer Aniston, Halle Berry, Charlize Theron hingga Brad Pitt, diketahui memiliki aset properti mewah di wilayah tersebut. 

Bintang realiti televisi, Kim Kardashian West, yang tinggal di Calabasas, pesisir utara Malibu, mengungkapkan kegundahannya dalam akun instagram, setelah menerima perintah evakuasi.

"Baru saja tiba di rumah. Dan kami hanya memiliki 1 jam untuk berkemas dan mengosongkan rumah. Saya harap semua orang selamat," ujar Kim. (AFP/OL-3)
 

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More