Tari Nenemo Membuka Festival Tubaba 2018

Penulis: Fathurrozak Pada: Sabtu, 10 Nov 2018, 13:30 WIB Weekend
Tari Nenemo Membuka Festival Tubaba 2018

MI/Fathurrozak
Tarian Nenemo

 

 

Tarian khas Tulang Bawang Barat Nenemo menjadi pembuka rangkaian Festival Tubaba yang akan berlangsung hingga 13 November. Tarian Nenemo ini menggunakan tongkat yang dihentakan ke tanah dan menyilang di antara barisan penari. Tarian yang terinspirasi dari gerak tubuh petani dan peladang ini menjadi pembuka rangkaian festival Tubaba,

Festival Tubaba bertema Dari Aku Menjadi Kita ini menjadi presentasi dari serangkaian program pelatihan kesenian yang dilaksanakan pemerintah daerah Tulang Bawang Barat, Lampung. Berlokasi di Islamic Centre Tubaba, serangkaian pentas kesenian menjadi etalase dalam festival yang kali ini mengusung nilai multikulturalisme. 

"Kita bisa membayangkan bagaimana jika sebuah kota dibangun oleh ratusan manusia yang pernah ditempa dalam proses kesenian? Bagaimana jika sebuah kota setiap tahun memproduksi puisi, teater, musik, tari, dan seni rupa. Atmosfer kebudayaan ini tentunya akan mampu menginternalisasi manusia-manusia yang berada dalam kota tersebut," ungkap Direktul Festival Tubaba Semi Ikra Anggara, Sabtu (10/11).

Selain tari Nenemo, juga disajikan tari Bedana anak-anak, dan action painting oleh maestro Hanafi. Malamnya, Festival yang berjalan atas prakarsa pemda Tubaba, Studio Hanafi, bekerja sama dengan Bekraf, Kemendikbud, dan Sanggar Pakem ini juga akan dimeriahkan penyanyi folk asal Bali Sandrayati Fay. Penyelenggaraan festival yang ketiga kalinya ini meneguhkan Tubaba memiliki potensi kebudayaan yang patut ditunggu perkembangan selanjutnya.

"Selamat untuk festival tubaba ketiga. Mari rayakan keberagaman kita. Mari kita bergembira karena kita bisa bersama-sama menjaga Tubaba. Dengan festival tubaba, mari kita sama-sama menunjukkan bahwa setiap tahun selalu ada kita perbaiki dan kembangkan. Semuanya oleh Tubaba dan untuk Tubaba," kata Bupati Tulang Bawang Barat Umar Ahmad. (M-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More