Pahlawan Saat Ini yang Berguna bagi Banyak Orang

Penulis: M Taufan SP Bustan Pada: Jumat, 09 Nov 2018, 21:55 WIB Humaniora
Pahlawan Saat Ini yang Berguna bagi Banyak Orang

MI/M TAUFAN SP BUSTAN

CO-FOUNDER sekaligus CEO DailySosial.id Rama Mamuaya memandang pahlawan itu yang mendahulukan kepentingan banyak orang ketimbang kepentingan sendiri, meskipun tidak mudah untuk dilakukan.

Memaknai hari pahlawan, ia mengaku, mulai banyak bermunculan pahlawan yang lahir dari pelbagai bidang.

Di Indonesia misalnya, mulai banyak hadir pahlawan yang memberikan lapangan pekerjaan baru bagi banyak orang melalui bidang teknologi.

Menurut Rama, di bidang teknologi ada yang namanya Onno W Purbo pahlawan IT yang menjadi salah satu tokoh yang berpengaruh bagi sejumlah orang.

"Termasuk pahlawan bagi saya saat masih di bangku kuliah. Beliau menggalakan gerakan open source di Indonesia demi memberikan akses pengetahuan ke orang-orang yang membutuhkan," ungkapnya saat dimintai keterangan di Jakarta, Jumat (9/11).

Rama mengajak, seluruh generasi muda untuk menjadi terbaik di bidang yang disukai. Untuk alasan yang lebih besar dari pada diri sendiri.

Dan tentunya harus berguna bagi orang banyak.

"Selain itu kita sebagai generasi penerus mempunyai kewajiban untuk meneruskan apa yang diperjuangkan oleh para pahlawan yang lalu meski dari bidang yang lain," tegasnya.

Rama menambahkan, semangat dan tugas generasi muda saat ini melanjutkan cita-cita para pahlawan dengan mengisinya dengan pembangunan yang jauh lebih baik, meski pun berbeda bidang.

"Orang yang membuka lapangan kerja untuk orang banyak melalui bidang yang ditekuni adalah pahlawan," imbuhnya.

Sementara itu, dimintai keterangan terpisah CEO Bukalapak.com Achmad Zaky menambahkan, sebagai generasi muda tentu harus mencontoh pengorbanan para pahlawan terdahulu.

Dan harus menjadi bagian dari solusi pada setiap permasalahan bangsa.

"Sekecil apa pun solusinya, tetap kitalah pahlawan bagi bangsa ini," terangnya.

Menurut Zaky, di Bukalapak ia menyebut pelapak adalah salah satu contoh pahlawan ekonomi. Jumlahnya ada jutaaan, tiap pagi, siang, sore, malam mereka mengisi waktu dengan melayani pelanggan, menghidupi keluarganya, dan banyak juga yang mempekerjakan banyak orang.

"Pahlawan zaman sekarang adalah kita-kita semua. Berguna untuk orang banyak," tandasnya. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More