Pesawat R80 Ditarget Mengudara pada 2025

Penulis: Atalya Puspa Pada: Jumat, 09 Nov 2018, 20:12 WIB Teknologi
Pesawat R80 Ditarget Mengudara pada 2025

MI/ARYA MANGGALA

PROYEK pesawat R80 yang diinisiasi BJ Habibie masih terus dikembangkan oleh PT Regio Aviasi Industri (RAI). Komisaris RAI Ilham Habibie mengungkapkan pesawat R80 hampir rampung dan bisa mengudara dalam enam tahun ke depan.

"Kurang lebih enam tahun dari 2019, kita bisa melihat pesawat R80 di udara Indonesia," ungkap Ilham di JIExpo Kemayoran pada Jumat (9/11).

Pesawat R80 masih melalui serangkaian proses, diantaranya pembuatan prototipe dan uji layak terbang.

Ilham mengatakan, pesawat R80 didesain untuk penerbangan sipil yang bisa menampung hingga 100 penumpang. Pesawat R80 juga bisa menjangkau 1.480 kilometer dalam sekali terbang. Teknologi pesawat R80 juga dirancang mampu menghemat bahan bakar sehingga dapat memberikan keuntungan bagi pihak maskapai.

Ilham meminta dukungan masyarakat luas untuk pengembangan pesawat R80 karena ini merupakan karya anak bangsa. "Ini dibuat oleh putra putri Indonesia. Ini adalah milik Indonesia," ungkap Ilham. (OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More