Jokowi Sebut Ada Politikus Genderuwo

Penulis: Supardji Rasban Pada: Jumat, 09 Nov 2018, 13:50 WIB Politik dan Hukum
Jokowi Sebut Ada Politikus Genderuwo

MI/Supardji Rasban

PRESIDEN Joko Widodo melakukan kunjungan di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah (Jateng), Jumat (9/11). Presiden selain membagikan sertifikat tanah di Gedung Olah Raga (GOR) Trisanja, Slawi, juga meresmikan ruas tol Pejagan-Pemalang seksi III dan IV di gerbang tol Tegal, di Desa Kalimati, Kecamatan Adiwerna, Tegal.

Dalam wawancara dengan jurnalis seusai meresmikan tol, Jokowi sempat menyindir bahwa ada politikus genderuwo. Politikus tersebut doyan menyebar propaganda dan ketakutan kepada masyarakat di tahun politik ini.

Ia menyebut genrenduwo sejenis makhluk gaib yang besar dan menyeramkan serta suka menakut-nakuti manusia. "Ya politikus gerenduwo itu yang melakukan cara-cara berpolitik dengan propaganda. Suka menakut-nakuti dan menimbulkan kekhawatiran di masyarakat," ucap Jokowi.

Dalam pandangan Jokowi, saat ini banyak politikus yang sering melontarkan pernyataan-pernyataan yang menakutkan dan menimbulkan keresahan di masyarakat. "Coba lihat politik dengan propaganda menakutkan, yang membuat masyarakat takut," terangnya.

Terkait jalan tol yang diresmikan, Presiden menjelaskan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui PT Waskita Karya (Persero) Tbk telah menyelesaikan proyek Jalan Tol Pejagan Pemalang Seksi 3 dengan ruas Brebes Timur-Tegal sepanjang 10,4 kilometer.

Kemudian,  Seksi 4 dengan ruas Tegal-Pemalang sepanjang 26,9 kilometer juga telah rampung. Total keseluruhan jalan tol Pejagan-Pemalang sepanjang 57,5 kilometer.

Turut hadir dalam acara peresmian di ruas Tol Pejagan-Pemalang Seksi 3 dan 4, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Rini M Soemarno, serta Presiden Direktur Waskita Karya I Gusti Ngurah Putra.

Dengan beroperasinya jalan tol yang merupakan bagian dari jaringan jalan tol Trans-Jawa yang menghubungkan Provinsi Jateng dan Jawa Barat (Jabar) tersebut diharapkan bisa menumbuhkan dan mempercepat laju roda perekonomian termasuk perekonomian rakyat.

"Kita tentu berharap dengan diresmikannya tol ini akan bisa memperlancar arus transfortasi sekaligus bisa menumbuhkan perekonomian di wilayah-wilayah sekitar tol. Kita akan terus kembangkan produk produk unggulan di wilayah masing-masing daerah dengan memasarkan produk-produk tersebut di rest-rest area yang ada," papar Jokowi.

Presiden mencontohkan Brebes bisa menjual telor asin di rest area, Tegal sate dan Pekalongan menjual batik.

Presiden Direktur Waskita Karya, I Gusti Ngurah Putra, menyampaikan pembangunan tol tersebut akan meningkatkan aksesibilitas di wilayah Jawa Tengah dan akan mendorong pengembangan potensi ekonomi daerah.

"Yang pada akhirnya akan berpengaruh pada ekonomi nasional secara keseluruhannya," ucap I Gusti.

Proyek Jalan Tol Pejagan-Pemalang Seksi 3 & 4 (ruas Brebes Timur Pemalang) diperoleh Waskita pada 2015 dengan nilai kontrak sebesar Rp3,782 triliun. Kedua seksi jalan tol itu memiliki tiga gerbang tol (GT), yakni GT Brebes Timur, GT Tegal, dan GT Pemalang.  

Adapun jalan tol Pejagan-Pemalang Seksi 1 & 2 telah diresmikan terlebih dahulu pengoperasiannya pada 16 Juni 2016 oleh Presiden Jokowi. (A-2)
    

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More