Sisa Satu Bulan, Anggaran DKI Baru Terserap 53,7 Persen

Penulis: Nicky Aulia Widadio Pada: Jumat, 09 Nov 2018, 12:09 WIB Megapolitan
Sisa Satu Bulan, Anggaran DKI Baru Terserap 53,7 Persen

Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah -- MI/ROMMY PUJIANTO

ANGGARAN Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta baru terserap 53,78%. Waktu untuk penyerapan anggaran di tahun ini pun hanya tersisa satu bulan.

Berdasarkan situs monitoring dan evaluasi APBD DKI, total alokasi belanja pada 2018 ialah Rp75 triliun. Sementara itu, anggaran yang sudah diserap baru Rp40,39 triliun. Persentase anggaran yang terserap pun lebih besar pada belanja tidak langsung dibanding belanja langsung.

Hingga Jumat siang (9/11), penyerapan anggaran belanja tidak langsung Pemprov DKI tercatat telah mencapai 61,5% atau Rp20,8 triliun dari alokasi Rp34 triliun. Contoh belanja tidak langsung ialah pembayaran gaji pegawai, pemberian hibah, dan bantuan sosial.

Sementara itu, penyerapan anggaran belanja langsung baru di angka 47,3% atau Rp19,4 triliun dari alokasi Rp41 triliun. Anggaran belanja langsung terdiri dari belanja pegawai, modal, serta barang dan jasa. Anggaran untuk kegiatan pembangunan infrastruktur pun diambil dari belanja langsung.

Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah mengatakan tingkat penyerapan anggaran itu masih rendah karena ada sejumlah proyek yang gagal dilelang.

"Kendalanya banyak, di antaranya efisiensi, kemudian ada beberapa yang gagal lelang," ujar Saefullah di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (9/11).

Baca Juga:

Serapan Anggaran Rendah, Sekda Panggil SKPD

Gagal lelang itu disebabkan beberapa faktor, salah satunya yakni karena kontraktor tidak memenuhi kualifikasi dalam lelang yang dilaksanakan.

"Gagal lelang itu juga sebabnya banyak. Ada penyedianya, ada gagal lelang, ada gagal kontrak, ada juga penyedianya tidak bisa menyediakan spesifikasi yang ditentukan," tuturnya.

Saefullah menyebut, penyerapan anggaran di tiap satuan kerja pemerintah daerah (SKPD) tidak akan ada yang mencapai 100%.

"100% sih enggak mungkin ya. SKPD di mana pun enggak mungkin 100% karena pasti ada sisa lelang," ucapnya.

September lalu, Saefullah menargetkan APBD DKI terserap hingga 87% pada akhir tahun anggaran 2018. Target 87% meningkat dibandingkan realisasi penyerapan APBD tahun sebelumnya, yakni 85%.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

BEBERAPA waktu lalu, nama Bung Hatta kembali ramai dibicarakan publik. Berawal dari pernyataan Koordinator Juru Bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar, di sebuah video yang mengatakan kalau cawapresnya, Sandiaga Uno adalah sosok baru dari Bung Hatta. Hal itu langsung menuai keberatan dari cucu Bung Hatta, Gustika Jusuf Hatta. Sebelumnya, kubu Prabowo-Sandiaga juga sempat menyandingkan nama pahlawan seperti Cut Nyak Dien dan Kartini dengan Ratna Sarumpaet dan Neno Warisman. Setujukah Anda apabila pahlawan dijadikan komoditas politik guna meraih simpati masyarakat?





Berita Populer

Read More