Ikon Baru Makassar, Gong Peradaban Andalan

Penulis: Lina Herlina Pada: Jumat, 09 Nov 2018, 13:00 WIB Nusantara
Ikon Baru Makassar, Gong Peradaban Andalan

MI/Lina Herlina

KOTA Makassar kini memiliki ikon baru yang merupakan karya anak bangsa yang patut untuk dibanggakan. Karya tersebut berupa gong peradaban yang dinamai "Gong Andalan SMK".

Gong tersebut dibangun tepat di samping Benteng Rotterdam, Makassar yang diresmikan oleh Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, Kamis (8/11) malam.

Gong yang memiliki diameter 7 meter, lebar 90 centimeter, dan berat berat 1,5 ton itu, berhasil memecahkan rokor MuRI sebagai gong terbesar, yang sebelumnya dipegang oleh gong buatan seniman di Bantul, Yogyakarta dengan diameter 6 meter.

"Malam ini kita mendapatkan rahmat bahwa kita ada asesoris lagi di Kota Makassar, yaitu gong peradaban. Ini patut kita apresiasi karya anak bangsa, anak Sulsel dan baru pada tingkat SMK," kata Nurdin Abdullah.

"Baru ketemu saya, disampaikan ada rencana kita mau buat gong peradaban, yang mau dinamakan Gong Andalan. Saya bilang kalau gong andalan itu Andi Sudirman Sulaiman, tapi ini betul gong andalan bukan Andi sudirman Sulaiman," sebutnya disambut tawa peserta.

Nurdin memuji kinerja Irman Yasin Limpo dalam memimpin Dinas Pendidikan Provinsi ini tiada hari tanpa inovasi. Ia juga mengapresiasi, baru saja kagum dengan kegiatan Festival Pelajar yang menghadirkan inovasi dari berbagai sekolah, kali ini menghadirkan gong terbesar.

"Saya betul-betul suprise dan bangga sekali bisa mempersembahkan gong peradaban dan ini karya anak-anak kita," ujar Nurdin.

Menurutnya, membuat gong ini tidak mudah, diperlukan strategi, teknologi dan upaya-upaya yang keras dari para siswa. Potensi seperti inilah yang dimiliki Sulsel dan Indonesia berupa bonus demografi.

"Patut kita syukuri dan hargai, saya semakin optimis bahwa bonus demografi akan menjadi kekuatan besar pembangunan Indonesia ke depan," harapnya.

Baca juga: Lagu Lagi Syantik dapat Penghargaan MURI

Jusuf Ngadri, Senior Manajer MuRI, menyampaikan, gong adalah alat musik tradisional yang terbuat dari logam. Gong ditemukan di Asia Tenggara dan Asia Timur. Digunakan sebagai perangkat ritual, pesta dan musik.

"Malam ini gong SMK sebagai Ikon baru kota Makassar. oleh karena itu izinkan malam ini Museum Rekor-Dunia Indonesia menyatakan dan mengukuhkan Gong Andalan SMK adalah rekor dunia MuRI. Kepada Pak Gubernur kami memohon menerima rekor penghargaan MuRI sebagai penanda pencatatan rekor," ujarnya.

Dalam kegiatan itu, turut hadir, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto dan Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Irman Yasin Limpo, serta Kapolres Pelabuhan Makassar AKBP Aris Bahtiar. (OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More