Lukisan Cadas Berusia 40 Ribu Tahun Ditemukan di Kalimantan

Penulis: Syarief Oebaidillah Pada: Kamis, 08 Nov 2018, 20:09 WIB Humaniora
Lukisan Cadas Berusia 40 Ribu Tahun Ditemukan di Kalimantan

Foto: national geographic

TIM penelitian berskala internasional yang dipimpin arkeolog Indonesia berhasil mengungkap lukisan cadas gua berumur 40 ribu tahun di Sangkulirang, Kalimantan Timur. Temuan ini menjadi bukti penggambaran figuratif tertua di dunia.

“Temuan ini bermakna sangat penting bagi bangsa kita. Ternyata 40 ribu tahun lalu nenek moyang kita telah mempunyai peradaban sangat tinggi. Maka kita berencana mengusulkan temuan situs tertua di dunia ini sebagai warisan budaya ke UNESCO,” kata Mendikbud Muhadjir Effendy pada pemaparan hasil penelitian arkeologi mutakhir Pusat Penelitian Arkeologi Nasional (Arkena), ITB dan Griffith University, Australia, di Kemendikbud, Jakarta, Kamis ( 8/11)

Baca juga: Taman Nasional Bantimurung Jadi Warisan Dunia ASEAN

Muhadjir optimistis temuan ini akan mendapat apreasiasi masyarakat dunia. “ Saya kira ini akan mendapatkan apresiasi masyarakat dunia khususnya Unesco pada penemuan yang istimewa ini. Karena penelitian ini sudah berskala internasional, “tegas nya

Co-leader tim penelitian dari Arkenas Adhi Agus Oktavian menambahkan penelitian ini dilakukan tim sebanyak 15 orang. Tim penelitian ini, lanjut dia, melaporkan serangkaian penanggalan dengan metode uranium-serries yang dilakukan terhadap sampel kalsium karbonat lukisan purba. Pengumpulan sampel dan penanggalan tersebut dipimpin oleh spesialis penanggalan lukisan cadas Maxime Aubert dari Universitas Griffith.

"Gambar tapak tangan di gua Kalimantan ini nampak memperlihatkan usia yang sama serta memberi kesan gambar cadas Zaman Paleolitik pertama kali muncul di Kalimantan sekitar 52.000 dan 40.000 tahun yang lalu," kata Adhi yang juga spesialis gambar cadas.

Dia menjelaskan gambar cadas tertua yang diketahui penanggalannya tersebut merupakan gambar seekor hewan yang tidak teridentifikasi yang diperkirakan sebagai spesies banteng liar yang hingga kini masih ditemukan di hutan Kalimantan. Gambar cadas tersebut memiliki penanggalan minimum sekitar 40.000 tahun yang lalu.  (OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More