Trump Pecat Jaksa Agung

Penulis: Basuki Eka Purnama Pada: Kamis, 08 Nov 2018, 09:46 WIB Internasional
Trump Pecat Jaksa Agung

Jeff Sessions -- AFP/File / Jim WATSON

JAKSA Agung Amerika Serikat (AS) Jeff Sessions, Rabu (7/11) waktu setempat, dipecat oleh Presiden Donald Trump setelah selama lebih dari satu tahun dikritik oleh Trump terkait keputusannya menjauhkan diri dari penyelidikan terkait keterlibatan Rusia dalam kemenangan Trump dalam pemilihan presiden.

Sessions menjadi korban pertama dalam reshuffle kabinet yang dilakukan Trump selepas pemilu paruh waktu yang digelar Selasa (6/11).

"Memenuhi permintaan Anda, saya mengajukan pengunduran diri saya," ujar Sessions sebagai kalimat pembuka dalam surat yang dirilis Departemen Kehakiman AS.

Pemecatan Sessions yang merupakan Senator AS pertama yang mendukung pencalonan diri Trump pada 2016 telah lama diduga. Hal itu terjadi sehari setelah Partai Republik kehilangan kendali DPR AS.

Baca juga: Demokrat Rebut DPR AS untuk Tegur Trump

Trump berulang kali mengecam Sessions karena tidak mengambil pendekatan yang lebih tegas terhadap imigran ilegal serta menudingnya melindungi penyelidikan terhadap tim kampanye Trump yang diduga berkolusi dengan Rusia.

Trump, lewat Twitter, mengumumkan bahwa kepala staf Sessions, Matthew Whitaker akan menjadi penjabat jaksa agung.

"Kami berterima kasih kepada Jaksa Agung Jeff Sessions atas kerjanya dan berharap yang terbaik untuknya. Pengganti permanen akan diumumkan dalam waktu dekat," ungkap Trump. (AFP/OL-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More