3 Bulan Tanpa Wagub, Kemendagri Tegur Gubernur dan Ketua DPRD DKI

Penulis: Selamat Saragih Pada: Senin, 05 Nov 2018, 17:11 WIB Politik dan Hukum
3 Bulan Tanpa Wagub, Kemendagri Tegur Gubernur dan Ketua DPRD DKI

MI

SAMPAI saat ini, kursi jabatan Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta masih kosong pascaditinggal Sandiaga Uno yang maju menjadi calon Wakil Presiden (Cawapres) mendampingi Prabowo Subianto di Pilpres 2019. Terhitung hampir tiga bulan kursi Wagub yang ditinggalkan Sandi kosong, tepatnya dari tanggal 27 Agustus 2018.

Akibat lamanya kekosongan jabatan itu, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menegur Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi.

Baca juga:

Prabowo Restui Pertemuan Gerindra-PKS Bahas Wagub DKI

PKS Ingatkan Janji Gerindra Soal Wagub DKI

Gerindra Minta PKS Jangan Genit soal Wagub DKI

Menanggapi teguran Kemendagri, Anies menjelaskan bahwa selama ini pihaknya selalu mengikuti aturan main yang ada. Nama cawagub DKI, kata Anies, bukan ditentukan sepenuhnya oleh gubernur, melainkan dari parpol pengusung di Pilgub DKI tahun 2017 yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Gerindra.

“Jadi yang harusnya proses cepat itu parpol, karena dalam aturan perundangannya pun begitu. Setelah parpol mengusulkan nama, mereka kirimkan ke gubernur, lalu gubernur kirimkan ke DPRD untuk ditentukan lewat Rapat Paripurna Dewan,” ujar Anies, di Jakarta, Senin (5/11).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengaku ingin segera memproses nama kandidat tersebut ke DPRD DKI Jakarta setelah dirinya memperoleh nama calon yang telah diputuskan parpol pengusung. Namun, hingga kini nama pengganti Sandiaga belum dirampungkan oleh Gerindra dan PKS.  Anies mengaku tidak bisa menargetkan kapan dia bakal memiliki pendamping dalam mengurus Ibu Kota.

“Sebelum saya terima nama pengganti Sandiaga dari PKS dan Gerindra, saya tidak bisa buat target. Saya menunggu begitu ada nama dari partai, baru saya proses,” ujarnya.

Sebelumnya, Kemendagri menegur Gubernur DKI, Anies Rasyid Baswedan, dan Ketua DPRD DKI, Prasetio Edi Marsudi, akibat masih kosongnya jabatan wagub DKI Jakarta. Dalam surat yang dikirimkan Jumat (2/11) lalu, Kemendagri meminta Anies dan Prasetio memikirkan pengganti Sandiaga Uno. Surat nomor 122.31/8779/OTDA itu ditandatangani Direktur Jenderal Otonomi Daerah Soni Sumarsono.

“Karena DKI Jakarta merupakan Ibu Kota Negara sebagai pusat pemerintahan dengan dinamika pemerintahan yang sangat tinggi, disarankan untuk segera melaksanakan pengisian jabatan wagub DKI,” kata Soni sapaan Sumarsono, lewat surat itu.

Surat tersebut juga ditembuskan kepada Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam); Mendagri; Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg); dan Sekretaris Kabinet (Seskab). (OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More