RS Polri Siapkan Posko Antemortem Lion Air

Penulis: Antara Pada: Senin, 29 Okt 2018, 15:10 WIB Megapolitan
RS Polri Siapkan Posko Antemortem Lion Air

ANTARA/BASARNAS

RUMAH Sakit Polri Raden Said Sukanto Jakarta Timur mempersiapkan posko pengambilan data antemortem (data fisik khas korban sebelum meninggal) korban pesawat Lion Air JT-610.

"Kami sudah siap personel, sarana dan prasarana, kami tunggu korban dibawa ke sini. Kami juga sudah siapkan posko antemortem maupun postmortem," kata Kepala Rumah Sakit Polri, Komisaris Besar Polisi Musyafak di Jakarta, Senin (29/10).

Musyafak menjelaskan posko antemortem di RS Polri tempatnya di instalasi idrntifikasi korban bencana (Disaster victim investigation/DVI).

"Kami sudah koordinasi dengan pihak Lion untuk disampaikan kepada keluarga korban untuk bisa hadir disini," ujar Musyafak.

Guna menangani musibah tersebut, pihak rumah sakit menurunkan 85 personel ditambah personel kesehatan Pusdokkes Polri dan Polda Metro Jaya. 

Secara total ada sekitar 130 lebih personel yang terdiri dari sembilan dokter ahli forensik, empat ahli DNA dan tenaga lainnya sebagai pendukung untuk pendataan antemortem dan pendukung sarana dan prasarana.

"Bahkan sebagian membantu penanganan di TKP melibatkan kesehatan PMJ, Satkes, Pusdokkes Polri bahkan yang di Cikarang sana dari Polda Jabar," tuturnya.

 

Baca juga: Keluarga Korban Berdatangan ke Posko Pencarian Tanjungpakis Karawang

 

Sebelumnya, pesawat type B737-8 Max dengan Nomor Penerbangan JT 610 milik operator Lion Air yang terbang dari Bandar Udara Soekarno Hatta Banten menuju Bandar Udara Depati Amir di Pangkal Pinang dilaporkan telah hilang kontak pada 29 Oktober 2018 pada sekitar pukul 06.33 WIB.

Pesawat dengan nomor registrasi PK-LQP dilaporkan terakhir tertangkap radar pada koordinat 05 46.15 S-107 07.16 E. Pesawat yang mengangkut 189 penumpang ini berangkat pada pukul 06.10 WIB dan sesuai jadwal akan tiba di Pangkal Pinang pada Pukul 07.10 WIB. 

Pesawat sempat meminta "return to base" sebelum akhirnya hilang dari radar.

Basarnas memastikan pesawat Lion Air JT 610 jatuh di perairan Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Kemungkinan korban dari pesawat nahas akan dievakuasi ke RS Polri, RSU Karawang dan RSU Bekasi. (OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Pemungutan suara Pemilu Presiden dan Wapres (Pilpres) 2019 telah terlaksana. Saat ini, penghitungan manual masih berlangsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Perhitungan berjalan paralel dengan real count berbasis teknologi informasi (TI) oleh KPU. Hanya saja, terjadi beberapa kesalahan dalam input data dalam proses real count. Bagaimana menurut Anda seharusnya sikap KPU?





Berita Populer

Read More