Musim Hujan Tiba, Penting Periksa Karet Bodi Mobil

Penulis: M. Bagus Rachmanto Pada: Minggu, 28 Okt 2018, 17:30 WIB Otomotif
Musim Hujan Tiba, Penting Periksa Karet Bodi Mobil

Karet bodi yang sudah aus memudahkan air merembes ke dalam kabin. Alieexpress

MUSIM hujan sebentar lagi tiba. Ada baiknya mempersiapkan mobil kesayangan Anda agar tetap prima diajak aktivitas di segala musim. Salah satu yang perlu  diperhatikan adalah karet bodi atau karet pintu yang sudah aus atau rusak.
 
Fungsi karet bodi di antaranya untuk mencegah masuknya air ke dalam mobil (water sealing). Kemudian juga mencegah angin dan debu masuk saat pintu ditutup, atau saat mobil menerobos jalanan yang banjir.

Jika karet bodi sudah tidak berfungsi dengan baik, maka air akan masuk ketika hujan atau saat mencuci mobil, dan jika air meresap di karpet mobil maka akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Akibat terburuknya bodi mobil akan cepat berkarat.

Menurut Toha mekanik yang praktek di salah satu bengkel mobil di bilangan Jakarta Timur, masalah seperti ini biasanya dialami mobil yang sudah berusia di atas lima tahun.
 
Dia juga membeberkan, karet bodi yang rusak atau sudah aus atau keras disebabkan karena faktor usia sehingga tidak lagi memiliki kelenturan. Selain itu air masuk juga bisa melalui karet penjepit kaca yang telah rusak atau tidak kedap.

Untuk mencegah masuknya air, disarankan agar segera mengganti karet bodi atau karet penjepit kaca yang sudah rusak secara berkala, terutama saat musim hujan dan bagi mobil yang menerobos banjir atau genangan air.

Usahakan ganti karet bodi atau karet penjepit kaca gunakan yang orisinil, selain tinggal plug in kualitasnya lebih terjamin dan lebih awet dan tahan lama. (medcom/OL-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More