FTUI Luncurkan Rumah Masa Depan yang Ramah Lingkungan

Penulis: Antara Pada: Kamis, 25 Okt 2018, 11:03 WIB Humaniora
FTUI Luncurkan Rumah Masa Depan yang Ramah Lingkungan

Ilustrasi

RUMAH masa depan dengan sistem listrik dual power pertama di Indonesia diluncurkan Tropical Renewable Energy Center Fakultas Teknik Universitas Indonesia (TREC FT UI). Rumah ini menghadirkan pasokan listrik dari sumber ramah lingkungan, sementara listrik dari PLN hanya sebagai cadangan.

"Rumah bernama Sofwan House TREC FTUI ini menerapkan teknologi pembangkit listrik ramah lingkungan dan handal," kata Direktur TREC FT UI Dr-Ing Eko Adhi Setiawan disela-sela Peresmian Rumah dengan Sistem Listrik Dual Power Pertama di Indonesia, di FTUI Depok, Kamis (25/10).

Eko menambahkan listrik yang dihasilkan berasal dari teknologi fuel cell (sel bahan bakar) dan solar cell (panel surya). Listrik dari sistem dual cell tersebut kemudian disalurkan ke baterai dan dinaikkan tegangannya melalui perangkat DCON, dari 48 volt menjadi 230 volt DC tegangan searah.

Baca Juga:

Empat Daerah Jadi Uji Coba Energi Hijau

ESDM Segera Luncurkan Aturan Panel Surya

Kemudian, listrik bisa digunakan untuk menyalakan berbagai peralatan rumah tangga, biasanya peralatan yang menggunakan tegangan listrik bolak balik (alternating current). Menurut dia, perangkat berkapasitas 2500 sampai 4000 watt dapat digunakan untuk 1-3 rumah perkotaan.

"Alat ini merupakan inovasi dan terobosan teknologi, sehingga ke depannya dapat lebih mengoptimalkan penggunaan listrik dari energi terbarukan seperti panel surya dan turbin angin," jelasnya.

Teknologi ini diharapkan dapat menjadi solusi dan terobosan atas sistem
model rumah masa depan dengan teknologi pembangkit listrik yang ramah lingkungan dan handal.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Pada Sabtu (13/4) digelar debat kelima Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin serta Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno. Debat ini akan mengangkat tema ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi serta perdagangan, dan industri. Menurut Anda, siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?






Berita Populer

Read More