PDIP Ajak Anak Muda Tulis Surat Cinta untuk Tanah Air

Penulis: Thomas Harming Suwarta Pada: Selasa, 23 Okt 2018, 19:36 WIB Politik dan Hukum
PDIP Ajak Anak Muda Tulis Surat Cinta untuk Tanah Air

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

DALAM rangka memeringati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober, DPP PDIP menggelar lomba menulis surat cinta untuk tanah air. Peserta yang bisa mengikuti lomba ini adalah pelajar dan mahasiswa dari seluruh Indonesia. Namun, uniknya surat cinta tersebut harus dibuat dengan tulisan tangan di atas secarik kertas lalu dikirimkan via kantor pos ke Kantor DPP PDIP untuk selanjutnya diseleksi dan tulisan terpilih akan dibukukan.

"Ini konsep dari Ibu Mega sendiri yang melihat ada hal yang hilang dari anak muda kita saat ini dengan era media sosial yaitu bagaimana cara menyampaikan ide atau gagasan atau kritik sekalipun secara bermartabat," kata ketua DPP PDIP Sukur Nababan sekaligus Penanggungjawab HUT Sumpah Pemuda saat memberikan keterangan pers di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Selasa (23/10).

Ia menjelaskan, tulisan tangan dan dikirim via kantor pos adalah gambaran penyampaian pesan yang sangat bermartabat karena ada orisinalitas, ada proses refleksi sebelum menulis, dan ada cara menyampaikan pesan secara elegan.

"Ini persis melawan budaya instan media sosial yang bisa menyerang membabi-buta, asal menulis, mudah juga untuk menyembunyikan identitas atau menghapus apa yang sudah ditulis. Kita ingin ajak anak muda untuk tidak membiasakan diri membawa sumpah serapah di medsos tapi manfaatkan medsos secara bermartabat dan kita bawa mereka dengan refleksi melalui tulisan tangan mereka sendiri tentang Indonesia yang mereka pikirkn saat ini," jelas Sukur.

Mengusung tema "Satu Indonesia Kita" sebagai peringatan Sumpah Pemuda, pihaknya ingin mengajak anak muda Indonesia untuk berkomitmen memberi kontribusi positif bagi pembangunan nasional.

"Selama ini anak muda cuma jadi alat politik, tetapi kami mengajak anak muda Indonesia untuk aktif ambil bagian. Kita terutama mengharapkan anak muda upayakan persatuan dan kesatuan dari ancaman perpecahan," sambung Sukur.

Selain menggelar lomba menulis surat cinta tanah air, rangkaian acara lain yang diusung DPP PDIP adalah menggelar dialog nasional pemuda pada tanggal 27 Oktober 2018, Talkshow khusus tentang Startup, dan puncak acara pada tanggal 28 Oktober dengan menggelar konser musik anak muda yang rencana akan digelae di JIEXPO Kemayoran. (OL-6)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More