Badai Willa di Meksiko di Ambang Kategori 5

Penulis: (AFP/*/I-1) Pada: Selasa, 23 Okt 2018, 01:30 WIB Internasional
Badai Willa di Meksiko di Ambang Kategori 5

AFP/PEDRO PARDO

BADAI Willa yang baru terbentuk dengan cepat meningkat di lepas pantai Pasifik Meksiko, Minggu (21/10) dan kemarin pagi, dan menjadi badai kategori 4 di ambang berubah ke kategori 5. Demikian dikatakan National Hurricane Center (NHC).

Pada pukul 02.00, Willa memiliki kecepatan angin maksimum 155 mil/jam (249,4 km/jam) hanya kurang 2 mph (3,2 km/jam) dari kategori 5. “Bahkan di kategori 4, Willa sangat berbahaya,” kata pra­kirawan cuaca. Ia menambahkan, itu mungkin akan menguat ke kategori 5 Senin (22/10) pagi waktu setempat.

NHC mengatakan badai itu akan mendarat sepanjang pantai barat daya Meksiko Selasa (23/10) malam atau Rabu (24/10) pagi dan membawa serta badai, angin, dan hujan yang me­ngancam jiwa.

“Sementara beberapa melemah diperkirakan malam ini dan Selasa, Willa diduga akan menjadi badai berbahaya ketika mencapai pantai Meksiko,” NHC memperingatkan.

NHC mengatakan Willa berada sekitar 195 mil (313,8 km) selatan-barat daya Cabo Corrientes, Meksiko, dan ber­gerak ke utara sekitar 5 mph. Angin topan kekuatan memanjang keluar hingga 25 mil dari pusat dan angin tropis badai kekuatan meluas ke luar hingga 90 mil.
Peringatan topan dipasang untuk bentangan pantai antara San Blas dan Mazatlan. Peringatan badai tropis berlaku untuk Playa Perula ke San Blas dan sebelah utara Mazat­lan ke Bahia Tempehuaya.

Prakirawan mengatakan Willa diduga akan menghasilkan akumulasi hujan total 6-12 inci, dengan jumlah lokal hingga 18 inci, di bagian barat Jalisco, Nayarit barat, dan Sinaloa selatan di Meksiko. Curah hujan itu akan menyebabkan banjir bandang dan tanah longsor yang mengancam jiwa.

Lebih jauh ke pedalaman, Willa diperkirakan akan menghasilkan curah hujan 2-4 inci di seluruh bagian Zacateca, Durango, Chihuahua tenggara, dan Coahuila di Meksiko, dengan jumlah lokal hingga 6 inci.

Sementara itu, badai tropis Vicente tampaknya juga merupakan ancaman di wilayah selatan. Prakirawan mengatakan itu mungkin akan tetap berada di lepas pantai atau dekat Pantai Pasifik Selatan Meksiko hingga Senin malam dan mungkin di tepi pantai Selasa.

Badai itu terletak sekitar 230 mil tenggara Acapulco, Meksiko, dan bergerak ke barat sekitar 10 mph. Angin berkelanjutan maksimum menurun hingga 40 mph dengan embusan lebih tinggi.

Pemerintah Meksiko telah menerapkan peringatan bahaya badai di sejumlah wilayah pesisir. Warga diminta menjauhi pantai karena Willa dapat memicu gelombang tinggi.

September lalu, Meksiko dilandai badai Rosa yang sempat mencapai kekuatan kategori 3. (AFP/*/I-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More