PLN Listriki 100 Ribu Rumah Masyarakat tidak Mampu

Penulis: (Pra/E-3) Pada: Senin, 22 Okt 2018, 04:15 WIB Ekonomi
PLN Listriki 100 Ribu  Rumah  Masyarakat tidak Mampu

ANTARA FOTO/Prasetia

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Distribusi Jawa Barat optimistis dapat memenuhi target, yakni menyambungkan aliran listrik gratis bagi 100 ribu rumah masyarakat tidak mampu pada tahun ini.

General Manager Unit Induk Distribusi Jawa Barat Iwan Purwana menyampaikan hingga saat ini realisasi yang telah dilaksanakan baru sebanyak 20 ribu sambungan.

Kendati demikian, ia mengaku yakin hingga akhir tahun target yang dicanangkan dapat seluruhnya terimplementasi.

“Pemasangan bisa kita kebut. Kami pernah menyambung per bulan itu 100 ribu untuk keseluruhan, bukan hanya sambungan gratis. Sekarang itu pendataan sudah lengkap, nama sudah lengkap. Jadi, sekarang hanya masalah koordinasi dengan sesama BUMN (badan usaha milik negara) terkait,” ujar Iwan dalam media gathering PLN, di Bandung, Jawa Barat, pekan lalu.

Dalam program sambung­an listrik gratis, PLN memang bukan satu-satunya BUMN yang turut serta. Ada 34 BUMN yang terlibat melalui program BUMN Sinergi, di antaranya PT Telkom, PT Pos Indonesia dan bank-bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

Dana-dana yang terkumpul dalam program tersebut dipegang PT Pos Indonesia yang kemudian didistribusikan kepada para penerima manfaat tentunya untuk pemasangan instalasi listrik.

Untuk pemasangan normal, biaya sambungan listrik berdaya 450 VA sekitar Rp900 ribu hingga Rp1 juta per rumah.

“Total itu mencapai sekitar Rp1 juta. Namun, untuk sambungan listrik gratis ini, ditanggung oleh PLN dan BUMN lainnya melalui si­ner­gi BUMN. Jadi, gratis semuanya. Masyarakat tinggal menikmati listriknya,” tandas Iwan.

Terkait dengan pemulihan kelistrikan di lokasi bencana gempa bumi Palu, Sigi, dan Donggala, PLN tengah melakukan pekerjaan penambahan 12 gawang yang  menghubungkan jaringan dari poros jalan raya di Desa Karajalemba ke Desa Petobo. Desa Petobo merupakan salah satu daerah yang paling parah terdampak oleh gempa yang juga merusak jaringan listrik di daerah tersebut.

Pekerjaan menyambungkan kembali aliran listrik ke Desa Petobo tersebut dilakukan Tim Unit Induk Distribusi Jawa Timur. Pekerjaan penambahan 12 gawang itu juga dibantu unit yonzipur dengan mengunakan peralat­an berat guna mempercepat pendirian tiang-tiang listrik. Target mereka menyalakan rumah-rumah warga di BTN Petobo. (Pra/E-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More