Hadiri KTT ASEM 12, Wapres Jusuf Kalla Tiba di Belgia

Penulis: Henri Siagian Pada: Kamis, 18 Okt 2018, 19:10 WIB Politik dan Hukum
Hadiri KTT ASEM 12, Wapres Jusuf Kalla Tiba di Belgia

MI/Henri Siagian
Wakil Presiden Jusuf Kalla tiba di Stasiun Midi, Brussels, Belgia, Kamis (18/10) waktu setempat. Wapres akan menghadiri Pertemuan KTT Asia-Eropa ke-12 (ASEM12) yang digelar pada 18 hingga 19 Oktober 2018.

WAKIL Presiden Jusuf Kalla tiba di Brussels, Belgia, untuk menghadiri Pertemuan KTT Asia-Eropa ke-12 (ASEM12) yang akan digelar pada 18 hingga 19 Oktober 2018.

Wapres tiba di Sasiun Midi Brussels, Kamis (18/10) waktu setempat, dan disambut Council of the European Union Tomas Kuklis dan Wakil Menlu M Fachir. Turut dalam rombongan Wapres antara lain Duta Besar RI untuk Belgia, Luxemburg, Uni Eropa, dan tiga organisasi dunia lainnya Yuri O Thamrin.

Wapres JK tiba menggunakan beserta Ibu Mufidah Jusuf Kalla dan rombongan menggunakan kereta api Thalys 9340 dari Stasiun Amsterdam CS.

Selain mengikuti rangkaian acara ASEM12, Wapres JK diagendakan bertemu warga Indonesia di Brussels dan melakukan sejumlah pertemuan bilateral. Seperti, dengan Wakil Presiden I Komisi Eropa Frans Timmermans, sebelum mendatangi Europa Building.

Lalu, Wapres dijadwalkan bertemu PM Yunani dan mmengikuti official handshake dengan Presiden Komisi Eropa Jean Claude Juncker dan Presiden Dewan Eropa Donald Tusk. Setelah itu, Wapres JK dan 50 pimpinan negara lain mengikuti upacara pembukaan KTT ASEM12.

KTT ASEM12 akan menyatukan kepala negara/pemerintahan dari 51 negara Eropa dan Asia. Presiden Dewan Eropa Donald Tusk bakal memimpin KTT ini, sedangkan Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker juga akan mewakili Uni Eropa di KTT tersebut.

Diskusi akan fokus pada tema Eropa dan Asia: Mitra Global untuk Tantangan Global. Para pemimpin negara-negara Eropa dan Asia akan berusaha memperkuat dialog dan kerja sama antara dua benua dalam berbagai bidang, termasuk perdagangan, investasi, konektivitas pembangunan berkelanjutan, iklim, serta tantangan keamanan, seperti terorisme, nonproliferasi, keamanan siber, dan migrasi tidak teratur.

Pertemuan Asia-Eropa (ASEM) didirikan pada 1996 sebagai forum dialog dan kerja sama antara Eropa dan Asia, yang tujuan utamanya adalah untuk memperkuat hubungan antara dua benua. (A-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More