Mobil Offroad Tubular Kreasi Mahasiswa

Penulis: (BB/N-3) Pada: Rabu, 17 Okt 2018, 04:15 WIB Nusantara
Mobil Offroad Tubular Kreasi Mahasiswa

MI/BENNY BASTIANDY

MAHASISWA jurusan teknik mesin Politeknik Sukabumi, Jawa Barat, berhasil membuat mobil offroad tubular. Terbuka peluang mobil tersebut bakal diproduksi massal.

“Ini merupakan bagian tugas akhir mahasiswa jurusan teknik mesin. Ada 11 orang mahasiswa yang mengusulkan membuat mobil offroad tubular. Mereka mengerjakan selama 6 bulan,” kata Direktur Politeknik Sukabumi, Nonda Muldani, Selasa (16/10).

Spesifikasi mobil offroad tubular itu menggunakan mesin Suzuki Jimny 1983. Mesinnya orisinil belum oversize  begitu pula dengan power train-nya. 4 wheel drive dengan differential sudah lock weld. Suspensi menggunakan spring coil with adjusting (bisa disetel) dan 4 link.
“Kalau mesin memang masih cabutan. Tapi, kalau rangka 100% dibuat para mahasiswa kami. Ini akan terus kembangkan, misalnya dengan penggunaan independent front suspension (IFS),” terangnya.

Mobil kreasi ini, ungkap Nonda, mulai dilirik sejumlah pemesan, seperti dari Kalimantan dan Lampung. Para mahasiswa itu sudah siap mengerjakan asal harganya layak. “Biaya pembuatannya sekitar Rp50 juta. Kita beli mobil, kemudian mesinnya yang kita manfaatkan. Tinggal disesuaikan untuk desain custom kompetisi atau untuk gaya-gayaan saja,” ujarnya. (BB/N-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More