Pengawasan dan Eksekusi Kesepakatan Menjadi Penting

Penulis: Fetry Wuryasti Pada: Minggu, 14 Okt 2018, 10:30 WIB Ekonomi
Pengawasan dan Eksekusi Kesepakatan Menjadi Penting

ANTARA FOTO/ICom/AM IMF-WBG/Jefri Tarigan

PADA pertemuan tahunan Internasional Monetary Fund (IMF)–Bank Dunia 2018 telah terjadi beberapa kesepakatan antara Indonesia dengan banyak negara lain, salah satunya mengenai investasi dan infrastruktur.

Meteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan kesepakatan ini bukan hanya menghasilkan angka, tetapi harus dijaga arahnya. Masing-masing kementerian kini sedang memilah kesepakatan mana yang harus ditindaklanjuti segera.

“Misal saya dengan CEO Standard Chartered. Mereka menawarkan memakai networknya untuk merekolasi industri Taipei dari Tiongkok ke Indonesia. Kami bisa sediakan special ecoomy zone dan tax holiday, tergantung size investasi yang Taipei berikan. Kami langsung membuat time table. Setelah sepakat mereka siapkan tim ke Taipei,” ungkap Luhut.

Namun, hambatannya setelah tejadi kesepakatan. Diakui Luhut, Indonesia lemah eksekusi dan pengawasan. Karenanya, pemerintah berintegrasi dan sepakat menderegulasi beberapa aturan untuk cepat tanggap menindaklanjuti kesepakatan.

“Makanya Ini yang harus jaga. Bagaimana kesepakatan itu benar jalan dan terealisasi,” kata Luhut. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

DRAMA penganiayaan Ratna Sarumpaet akhirnya terbongkar. Kisah hayalan Ratna itu menjadi ramai dipublik setelah beredar foto muka lebam dan membuat Capres Prabowo Subianto menggelar konpers khusus untuk mengutuk kejadian itu pada pada Selasa (2/10) malam. Acara ini bahkan disiarkan secara langsung TV One dengan menyela acara Indonesia Lawyers Club yang membahas soal gempa di Sulteng. Kejahatan memang tidak ada yang sempurna. Beberapa netizen mengungkap beberapa kejanggalan dan dugaan ini diperkuat hasil penyelidikan polisi. Akhirnya, Ratna pun mengakui kebohongannya. Dia mengaku mendapat bisikan setan untuk berbohong. Walau sudah ada pengakuan Ratna, Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menegaskan tetap akan melakukan proses hukum karena kasus ini sudah bergulir dan menimbulkan keresahan. Apakah Anda setuju dengan sikap Polri ini?





Berita Populer

Read More