9 Orang Ditangkap Terkait Sedekah Laut

Penulis: (AU/N-2) Pada: Minggu, 14 Okt 2018, 09:30 WIB Nusantara
9 Orang Ditangkap Terkait Sedekah Laut

ANTARA FOTO/Anis Efizudin

APARAT Kepolisian Resor Bantul menangkap sembilan orang yang diduga kuat terlibat aksi kekerasan terhadap pelaksanaan acara sedekah laut di Pantai Baru, Dusun Ngentak, Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (12/10) malam.

"Kami sudah mengamankan sembilan orang yang diduga terlibat perusakan. Sejumlah barang bukti sudah diamankan, terutama yang akan digunakan untuk tradisi sedekah laut," kata Kapolres Bantul, AKB Sahad Hasibuan, kemarin.

Hingga saat ini polisi masih mendalami motif aksi penyerangan yang dilakukan sekelompok masyarakat terhadap kegiatan sedekah laut itu. Meski sudah ada sembilan orang diamankan polisi, belum ada satu orang pun yang ditetapkan sebagai tersangka.

"Kami akan mendahulukan proses hukum. Jika barang bukti lengkap, kita akan proses secara hukum," tegasnya.

Polisi masih menyelidiki apakah aksi kelompok tersebut terkait dengan kejadian serupa di Cilacap, Jawa Tengah.

Kegiatan sedekah laut di Pantai Baru berakhir ricuh diawali dengan belasan orang dengan penutup wajah, yang mengendarai dua mobil, satu ambulans, dan sejumlah sepeda motor mendatangi prosesi sedekah laut, Jumat (13/10) sekitar pukul 23.45 WIB.

Sejumlah saksi mata melaporkan kelompok tersebut saat tiba di lokasi pelaksanaan sedekah laut langsung merusak penjor, ornamen, memecah kaca, mengobrak-abrik meja, kursi, dan peralatan lainnya.

Padahal, tempat ini akan digunakan untuk menggelar kegiatan budaya sedekah laut pada keesokan harinya. Tuwuh Wiyono, warga Pantai Baru, mengatakan seluruh pelaksanaan upacara sedekah laut dibiayai oleh masyarakat. Uang kolektif terkumpul Rp50 juta untuk kegiatan tersebut.

Saat meninggalkan lokasi, massa penyerbu memasang sejumlah spanduk yang bertuliskan Menolak

Semua Kesyirikan, Berbau Budaya Sedekah Laut dan tulisan lainnya yang menolak pelaksanaan sedekah laut. Pada lembar spanduk itu terdapat pula tulisan Aliansi PETA.

Secara terpisah, Ketua PCNU Bantul, Yasmuri, mengatakan kegiatan sedekah laut sudah turun-temurun dilakukan masyarakat pesisir selama ini.

"Bukan ritual yang dilarang dan tidak ada unsur sesembahan atau niat menyembah selain kepada Allah," jelasnya.

Yasmuri juga menepis jika kegiatan itu berbau syirik atau perilaku musyrik. Yasmuri yang juga Ketua Forun Kerukunan Antarumat Beragama Bantul meminta masyarakat tidak terpancing dengan aksi perusakan itu.

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More