Misi Ambisius Mencapai Bulan

Penulis: AT/M-2 Pada: Sabtu, 13 Okt 2018, 23:20 WIB Hiburan
Misi Ambisius Mencapai Bulan

DOK. UNIVERSAL PICTURES

"5, 4, 3, 2, 1. Lepas landas," kata seorang laki-laki melalui sambungan radio. Sesaat kemudian, roket pendorong pun menyala, membawa pesawat angkasa luar yang diawaki Neil Armstrong, Edwin Aldrin, dan Michael Collins meluncur menuju Bulan.

Misi antariksa yang diberi nama Apollo 11 tersebut pada akhirnya berhasil mencatatkan nama Neil Armstrong sebagai orang pertama yang menginjakkan kaki di Bulan pada 20 Juli 1969.

Namun, di balik keberhasilan tiga astronaut Amerika Serikat tersebut melaksanakan misi Apollo 11, banyak hal yang belum diketahui publik. Itulah yang coba diangkat dalam film berjudul First Man.

Film berdurasi 141 menit ini merupakan kisah biopik perjalanan hidup astronaut legendaris, Neil Armstrong (Ryan Gosling), dari 1961-1969. Walau durasinya relatif lebih panjang daripada film-film pada umumnya, konflik-konflik yang dihadirkan membuat film ini tetap menarik untuk diikuti dari awal hingga akhir.

Salah satu konflik yang paling menonjol ialah drama antara Neil Armstrong dan sang istri, Janet Armstrong--diperankan Claire Foy. Walau mengerti risiko atas pekerjaan Neil, Janet sangat mengkhawatirkan misi pendaratan ke Bulan itu. Pasalnya, berbagai uji coba telah dilakukan dan tidak semua sukses. Banyak pula rekan-rekan Neil yang meninggal dalam misi tersebut.

"Mereka tidak sekadar pergi ke kantor. Mereka mati, Neil," ucap Claire kepada Neil.

Friksi pun terjadi lantaran Neil tetap berambisi mewujudkan misi itu. Bahkan, ia tidak ragu untuk mengorbankan waktu dengan keluarga dan mengikuti serangkaian uji coba yang tidak jarang mengancam keselamatannya.

Selain konflik keluarga, daya pikat film yang disutradarai Damien Chazelle--peraih Oscar untuk sutradara terbaik lewat film La La Land--ini ialah gambaran ambisi Amerika Serikat untuk menjadi negara pertama yang 'sampai' di Bulan. Maklum, di era perang dingin saat itu, Amerika Serikat telah kalah telak dari Uni Soviet yang sudah lebih dulu meluncurkan satelit dan pengiriman astronaut ke orbit bumi.

Misi ke Bulan disebut-sebut misi yang paling berbahaya karena menghabiskan banyak uang dan menyebabkan banyak astronaut tewas dalam uji coba. Tidak sedikit warga 'Negeri Paman Sam' yang kemudian berunjuk rasa menentang misi Apollo 11.

Ryan Gosling menyebut misi perjalanan manusia ke Bulan akan selalu diingat. "Film ini merupakan kisah misi paling berbahaya yang diangkat ke layar lebar," kata aktor yang mengaku akan menolak tawaran pergi ke Bulan dalam kehidupan nyata.

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More