Dedikasi Pengawal Lalu Lintas Udara

Penulis: Fathurrozak Pada: Sabtu, 13 Okt 2018, 22:30 WIB Weekend
Dedikasi Pengawal Lalu Lintas Udara

DOK PRIBADI

DUNIA penerbangan berduka kala gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah. Salah satu petugas air traffic contoroller (ATC) Airnav Indonesia, Anthonius Gunawan Agung mangkat saat menjalankan tugasnya.

Bagaimana sebenarnya lingkup pekerjaan para pengawal lalu lintas angkasa ini? Muda berkesempatan mengajukan beberapa pertanyaan kepada Ramadhon Yayang Putranto, duta Airnav dan juga personel aeronautical communication officer (ACO). Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau dikenal sebagai airnav, Badan Usaha Milik Negara yang menyelenggarakan pelayanan navigasi penerbangan di Indonesia. Ia bertugas di Airnav Indonesia cabang Halim Perdanakusuma Jakarta. Simak petikan wawancara Muda bersama Rama.

Apa sih tugas dari ACO?

Tugas ACO memberikan pelayanan navigasi secara maksimal kepada maskapai penerbangan, terutama di bagian data penerbangan.

Pelayanan kami beragam, seperti memonitor berita penerbangan, di antaranya berita keberangkatan, kedatangan, rencana penerbangan, dan penundaan (delay). Selain itu, kami juga memeriksa rencana penerbangan yang diajukan maskapai penerbangan kepada kami, seperti ketinggian pesawat, registrasi pesawat, dan rute yang digunakan. Ketika semua itu benar, kami akan memberikan tanda tangan sebagai bukti kalau rencana penerbangan tersebut disetujui untuk melakukan penerbangan. Kami juga harus memeriksa validasi data sesuai dengan yang diajukan pada izin rute, flight approval, dan security clearance.

Bagaimana tahapan pesawat bisa lepas landas dan mendarat?

Prosesnya, sebelum lepas landas maskapai akan mengajukan rencana penerbangan kepada ATS RO, form tersebut akan diperiksa dan diberikan approval. Kemudian data tersebut akan dikelola ATS RO dan dikirimkan melalui sistem peralatan ke bandara tujuan dan alternatifnya. Setelah itu, data pesawat akan muncul di sistem radar control sehingga ketika pesawat meminta untuk mulai menyalakan mesin pesawat, data penerbangan dari pesawat tersebut sudah ada di sistem radar control. Setelah itu, baru pesawat akan mendapatkan pelayanan navigasi dari air traffic controller dari bandara asal ke bandara tujuan sehingga seluruh awak dan penumpang di dalam pesawat akan mendarat dengan selamat di bandara tujuan.

Hal penting apa sih yang perlu diketahui publik?

Hingga saat ini Airnav Indonesia terus melakukan edukasi kepada masyarakat, ada sejumlah profesi yang memegang peranan penting dalam menjaga keselamatan penerbangan. Salah satunya menugaskan saya sebagai duta Airnav Indonesia, untuk membantu publikasi dan edukasi mengenai peranan penting Airnav Indonesia di dunia penerbangan Indonesia. Namun, proses edukasi ini butuh proses, masyarakat perlu memahami proses penerbangan dari satu titik ke titik lainnya. Pesawat itu membutuhkan koordinasi dan andil banyak pihak dan perusahaan.

Sebenarnya lingkup kerja Airnav cukup luas, tapi yang perlu masyarakat ketahui, Airnav Indonesia ialah perusahaan pelayanan navigasi penerbangan yang khusus memberikan pelayanan kepada pesawat dan pilot, dari sebelum lepas landas sampai dengan mendarat, dan memastikan keselamatan penerbangan seluruh pesawat yang terbang di ruang udara Indonesia.

Menjadi Duta Airnav, bagaimana prosesnya?

Tim sekretaris perusahaan Airnav Indonesia meminta seluruh cabang Airnav Indonesia mengusulkan setiap personelnya sebagai perwakilan duta BUMN. Seluruh perwakilan ini mengikuti proses penyaringan verifikasi data, administratif, dan wawancara. Setelah proses penyaringan, terpilihlah dua perwakilan, saya Ramadhon Yayang Putranto dari Kantor Airnav Cabang Halim dan Sabriena Wardhani dari Kantor Pusat Airnav Indonesia. Kami berdua sebagai Duta Airnav Indonesia 2018, mewakili perusahaan dalam pemilihan Duta BUMN 2018 yang diselenggarakan bersamaan dengan porseni BUMN 2018.

Prestasi, kinerja, dan dedikasi terhadap perusahaan menjadi salah satu pertimbangan dalam proses seleksi awal menjadi duta Airnav Indonesia. Diharapkan Duta Airnav Indonesia ini menjadi garda depan perusahaan dalam memublikasikan dan merepresentasikan citra baik Airnav Indonesia.

Menurut kamu, seberapa penting sih, Airnav memiliki Duta?

Menurut saya sih penting. Saat ini banyak sekali anak muda atau generasi milenial yang memiliki ide-ide segar dan cemerlang untuk dapat diaplikasikan kepada pengembangan perusahaan.

Belum lama ini kita juga berduka atas berpulangnya petugas ATC Airnav, bagaimana dedikasi kalian?

Setiap profesi pekerjaan memiliki risikonya masing-masing, hanya saja bagaimana kita harus tetap bertanggung jawab dan berdedikasi kepada pekerjaan yang kita jalani. Sebagai personel operasional Airnav Indonesia memiliki keteguhan jiwa dalam memberikan keselamatan penerbangan kepada pilot secara tuntas.

Bagaimana situasi Airnav saat darurat hingga krisis?

Memang lebih sibuk, tapi tanggung jawab bersama. Dalam menyelesaikan krisis atau keadaan darurat. Kepastian penerbangan berjalan aman dan lancar di suatu bandara, harus merupakan hasil koordinasi Airnav Indonesia dengan banyak pihak, di antaranya operator bandara, BMKG, dan otoritas bandara Kemenhub RI.

Bagaimana sebenarnya peluang anak muda berkontribusi dalam BUMN?

Peluangnya besar sekali untuk anak muda, tinggal bagaimana anak muda ini dapat berjuang meraih dan mendapatkan perusahaan BUMN yang mereka inginkan. Menjadi generasi muda menurut saya bukan bermodal pintar saja, tapi harus dapat menyampaikan aspirasinya kepada perusahaan BUMN guna mengembangkan dan membuat perusahaan tersebut semakin berkembang dan maju. (M-3)

How To

Muda tertarik bergabung dengan Airnav Indonesia? Bisa saja! Rama memberi bocoran apa saja yang perlu kita persiapkan. Nah, Muda bisa masuk ke bagian manajerial atau ke bidang yang lebih teknis. Apa saja ya, yang perlu diperhatikan? Ini dia kiat dari Rama, Duta Airnav Indonesia 2018.

1. Kenali potensi diri

Setiap individu berbeda potensinya, ada yang jago matematika, ekonomi, teknik mesin, psikologi, dan lain sebagainya.

2. Pilih bidang kerja

Kiatnya untuk rekan milenial yang ingin bergabung dengan Airnav bidang manajerial, harus memilih bidang kerja yang sesuai potensinya. Kemudian ikuti prosedur yang sudah ditetapkan Airnav Indonesia, yakin dan percaya diri, jangan takut membuktikan dirinya bisa. Lakukan tiap tahap tes dengan maksimal.

3. Jangan kasih kendur

Untuk Muda yang ingin masuk ke bagian operasional, harus secara khusus lulusan dari STPI (Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia) Curug, Tangerang, ATKP (Akademi Teknik Keselamatan Penerbangan) baik ATKP Surabaya, Medan, dan Makassar dengan jurusan profesinya masing-masing, seperti jurusan controller berarti ATC, komunikasi berarti ACO, dan teknik. Kiatnya, belajar tekun di STPI atau ATKP, tunjukkan diri Anda bisa menjadi yang terbaik dari yang terbaik. Kalau istilah kerennya, 'jangan kasih kendur!' Perbanyaklah berdoa agar mendapatkan penempatan yang sesuai dengan harapan Anda, disiplin waktu, dan rajin membaca karena yang terjadi di lapangan atau dunia kerja akan sangat berbeda dengan yang dipraktikkan di laboratorium, khusus praktik controller yang ada di STPI atau ATKP.

Biodata

Nama: Ramadhon Yayang Putranto

Tempat, tanggal lahir: Purbalingga, 9 Maret 1992

Jabatan: Pelaksana ATS RO

Prestasi: Duta Airnav Indonesia 2018

Berita Terkini

Read More

Poling

DRAMA penganiayaan Ratna Sarumpaet akhirnya terbongkar. Kisah hayalan Ratna itu menjadi ramai dipublik setelah beredar foto muka lebam dan membuat Capres Prabowo Subianto menggelar konpers khusus untuk mengutuk kejadian itu pada pada Selasa (2/10) malam. Acara ini bahkan disiarkan secara langsung TV One dengan menyela acara Indonesia Lawyers Club yang membahas soal gempa di Sulteng. Kejahatan memang tidak ada yang sempurna. Beberapa netizen mengungkap beberapa kejanggalan dan dugaan ini diperkuat hasil penyelidikan polisi. Akhirnya, Ratna pun mengakui kebohongannya. Dia mengaku mendapat bisikan setan untuk berbohong. Walau sudah ada pengakuan Ratna, Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menegaskan tetap akan melakukan proses hukum karena kasus ini sudah bergulir dan menimbulkan keresahan. Apakah Anda setuju dengan sikap Polri ini?





Berita Populer

Read More