JK: Alquran tak hanya Dibaca Indah, tapi Dilaksanakan Sepenuh Hati

Penulis: Antara Pada: Jumat, 12 Okt 2018, 23:15 WIB Nusantara
JK: Alquran tak hanya Dibaca Indah, tapi Dilaksanakan Sepenuh Hati

ANTARA

WAKIL Presiden M Jusuf Kalla menutup secara resmi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) nasional ke-27 di Medan, Sumatra Utara, Jumat (12/10) malam.

Wapres dalam kesempatan tersebut menggunakan pakaian tradisional melayu, warna kuning dan ikat kepala warna hijau.

Sementara kompleks gedung serbaguna T Rizal Nurdin di Deli Serdang Sumatra Utara atau Jalan Williem Iskandar, Medan, tempat dilaksanakan penutupan MTQ tersebut dihiasi dengan sorot lampu laser warna-warni.

Wapres dalam sambutannya mengenang MTQ pertama kalinya dilaksanakan pada 51 tahun lalu. Wapres bercerita, MTQ berawal dari ide orang Medan, Kepala RRI di Makassar, Pak Sani, yang menggelar perlombaan membaca Alquran.

Ide tersebut kemudian dikembangkan menjadi MTQ tingkat nasional yang hingga kini terus dilaksanakan.

Perkembangan MTQ saat ini, dengan berbagai kategori yang muncul, menunjukan minat baca Alquran generasi muda.

"Itu membuktikan minat membaca Al Quran telah menjadi bagian generasi muda kita, bukan hanya ahli internet tapi ilmu agama berkembang dengan baik di kalangan generasi muda," katanya.

Wapres mengatakan Alquran bukan hanya dibaca dengan indah, tetapi juga dilaksanakan dengan ketulusan hati. Wapres juga mengingatkan perlunya menjaga nilai-nilai Islam washatiyah (moderat) dalam berbangsa dan bernegara sebagai sifat bangsa Indonesia yang telah turun temurun.

Nilai-nilai moderat itulah yang membuat kerukunan di Indonesia terus bertahan, sementara banyak negara-negara Islam yang kini terlibat konflik, kata Wapres.

Dalam kesempatan itu, Wapres mengakhiri sambutannya dengan pantun.

"Bunga mawar harum baunya. Tumbuh ditaman indah warnanya. Membaca Alquran indah dan syahdu. Allah akan memberikan pahala dan menenangkan kalbu," kata Wapres.

Penutupan MTQ ke-27 2018 ditandai dengan pemukulan bedug oleh Wapres dan diikuti dengan pemukulan gordang sembilan diantaranya oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi. Sementara itu, usai menutup MTQ ke-27, Wapres langsung bertolak menuju Provinsi Bali. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

DRAMA penganiayaan Ratna Sarumpaet akhirnya terbongkar. Kisah hayalan Ratna itu menjadi ramai dipublik setelah beredar foto muka lebam dan membuat Capres Prabowo Subianto menggelar konpers khusus untuk mengutuk kejadian itu pada pada Selasa (2/10) malam. Acara ini bahkan disiarkan secara langsung TV One dengan menyela acara Indonesia Lawyers Club yang membahas soal gempa di Sulteng. Kejahatan memang tidak ada yang sempurna. Beberapa netizen mengungkap beberapa kejanggalan dan dugaan ini diperkuat hasil penyelidikan polisi. Akhirnya, Ratna pun mengakui kebohongannya. Dia mengaku mendapat bisikan setan untuk berbohong. Walau sudah ada pengakuan Ratna, Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menegaskan tetap akan melakukan proses hukum karena kasus ini sudah bergulir dan menimbulkan keresahan. Apakah Anda setuju dengan sikap Polri ini?





Berita Populer

Read More