Siti Nurbaya Kunjungi Rumah Kreatif Bambu di Banjar

Penulis: Kristiadi Pada: Jumat, 12 Okt 2018, 22:15 WIB Nusantara
Siti Nurbaya Kunjungi Rumah Kreatif Bambu di Banjar

MI/Kristiadi

MENTERI Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar mengunjungi Rumah Kreatif Bambu Indonesia yang bertempat di Dusun Cibentang, Desa Mekarharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat.

Kunjungan yang dilakukannya tersebut meminta agar direktoral jenderal kementeriannya untuk mengirimkan bibit bambu sebanyak 15.000 agar masyarakat bisa meningkatkan kesejahteraan terutama perekonomian.

"Kami telah melakukan peninjauan dan hasilnya di Kota Banjar tersebut ada beberapa kerajinan tangan berbahan bambu, seperti gelas bambu, termos bambu, alat masak dari bambu, kipas, hasepan, sangku, alat musik calung, angklung, dan masih banyak lainnya. Kerajinan yang dilakukan di Kota Banjar selama ini agar warga bisa meningkatkan kesejahteraannya," kata Siti Nurbaya di Banjar, Jumat (12/10).

Siti mengatakan, pemanfaatan tanaman bambu di Indonesia bisa menjadi salah satu solusi pengendalian perubahan iklim, karena tanaman bambu sangat efektif untuk merehabilitasi lahan yang telah terdegradasi dan bambu tersebut mampu menyerap hingga menyimpan karbon sampai tanaman tersebut bisa diolah menjadi berbagai jenis produk berkualitas.

"Pemanfaatan bambu bisa memberi kesempatan bagi masyarakat terutama untuk meningkatkan kesejahteraan, seperti pembuatan kerajinan tangan berbahan bambu. Karena langkah dan upaya ini merupakan komunitas yang sangat memedulikan lingkungan hidup terutama dalam pengelolaan limbah dari bambu, hasil dari kerajinan sangat baik, apalagi komunitas bambu selama ini sudah ekspor ke negara China untuk pembuatan rumah bambu," ujarnya.

Menurutnya, budi daya bambu selama ini tidak sulit dan bisa dilakukannya masyarakat tetapi sayangnya selama ini nilai perekonomian bambu masih rendah.

Padahal, kebutuhan industri bambu selama ini akan mengalami perkembangan karena berbagai jenis produk berkualitas bisa dihasilkan dari tanaman bambu mulai dari serat tekstil hingga panel yang bisa digunakannya untuk keperluan konstruksi.

"Kementerian selama ini mendukung pengembangan pohon bambu berada di Kota Banjar dan tentunya kedepan akan memberikan bibit bambu kepada petani untuk membudidayakan pohon bambu dengan berharapan tanaman tersebut bisa menjadi bagian strategi pembangunan nasional Indonesia dan kami juga akan instruksikan kepada dirjen untuk mengirimkan bibit bambu ke kota banjar," paparnya. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

DRAMA penganiayaan Ratna Sarumpaet akhirnya terbongkar. Kisah hayalan Ratna itu menjadi ramai dipublik setelah beredar foto muka lebam dan membuat Capres Prabowo Subianto menggelar konpers khusus untuk mengutuk kejadian itu pada pada Selasa (2/10) malam. Acara ini bahkan disiarkan secara langsung TV One dengan menyela acara Indonesia Lawyers Club yang membahas soal gempa di Sulteng. Kejahatan memang tidak ada yang sempurna. Beberapa netizen mengungkap beberapa kejanggalan dan dugaan ini diperkuat hasil penyelidikan polisi. Akhirnya, Ratna pun mengakui kebohongannya. Dia mengaku mendapat bisikan setan untuk berbohong. Walau sudah ada pengakuan Ratna, Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menegaskan tetap akan melakukan proses hukum karena kasus ini sudah bergulir dan menimbulkan keresahan. Apakah Anda setuju dengan sikap Polri ini?





Berita Populer

Read More