Badai Michael Berlalu, Petugas Sisir Wilayah Florida

Penulis: Tesa Oktiana Surbakti Pada: Jumat, 12 Okt 2018, 18:55 WIB Internasional
Badai Michael Berlalu, Petugas Sisir Wilayah Florida

AFP

PASCABENCANA Badai Michael menghantam, petugas menyisir wilayah yang terdampak. Terjangan badai dahsyat menyebabkan kerusakan besar, khususnya di wilayah pesisir Florida Panhandle.

Sedikitnya enam orang tewas akibat badai tropis yang saat ini bergerak ke timur Virginia dan semakin dekat mencapai Samudra Atlantik.

Enam orang yang ditemukan tewas tersebar di wilayah Gadsden County, Florida, sebanyak empat orang, kemudian dua korban lainnya berada di Georgia dan North Carolina. Kerusakan parah terlihat di wilayah kota pesisir, Mexico Beach. Hunian warga hancur, bahkan sejumlah perahu terlempar ke jalan yang dipenuhi pohon dan tiang listrik yang tumbang.

Gubernur Florida Rick Scott menyatakan Badai Michael menyebabkan kerusakan luar biasa. Pemerintah memprioritaskan pencarian warga yang tidak mematuhi perintah evakuasi.

"Fokus kami sat ini mencari warga yang mungkin masih terjebak di dalam rumah. Saya berharap tidak banyak korban jiwa," ujar Scott.

Presiden AS Donald Trump berjanji pemerintah akan membantu korban Badai Florence.

"Hati dan pikiran kami bersama dengan ribuan orang yang harus kehilangan rumah. Sebagian besar hancur diterjang badai. Kami tidak akan berhenti sampai masa pemulihan selesai," tukas Trump.

Pemerintah Florida mencatat lebih dari 400 ribu bangunan rumah dan pertokoan rusak parah. Aliran listrik ke wilayah pesisir tersebut pun terhenti. Namun, petugas berupaya memperbaiki utilitas agar aliran listrik kembali normal.

Badai Michael dengan kategori 4 menghantam wilayah Florida pada Rabu sore waktu setempat. Itu merupakan badai terdahsyat dalam beberapa puluh tahun terakhir. Kota Mexico Beach menjadi titik pendaratan masif Badai Michael dengan kecepatan 250 kilometer per jam. Kerusakan di Mexico Beach menjadi yang terparah.

Saat melintasi Carolina, status kategori Badai Michael telah diturunkan. Padahal wilayah tersebut belum sepenuhnya pulih dari kerusakan Badai Florence yang melanda bulan lalu.

Dahsyatnya Badai Michael menyebabkan ribuan rumah warga terhempas dari fondasinya. Sebagian besar rumah kehilangan atap dan dinding. Ruas jalan pun dipenuhi puing-puing bangunan.

Seorang warga Mexico Beach menggambarkan kekuatan Badai Michael mampu membuat rumah melayang. Belum lagi gelombang tinggi mendorong air masuk ke permukiman warga.

"Tidak ada lagi yang tersisa di sini. Hidup kami terasa hilang. Semua toko, semua restoran, semua bangunan. Peristiwa ini tidak pernah kami bayangkan sama sekali," kisah warga bernama Scott.

Senada, Margaret yang tinggal di pantai Panama City juga harus merelakan huniannya rusak parah. Saat badai melanda, Margaret dan suaminya, berada di lantai empat kondominium tempat tinggalnya.

"Terjangan angin sangat keras, hingga mendorong air masuk melalui jendela dan pintu. Lantai kondominium kami mulai digenangi air. Badai ini menyebabkan kehancuran total, tidak ada aliran listrik, bahkan jaringan komunikasi terputus," ucap Margaret lirih.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Federal (FEMA) Brock Long menjelaskan Badai Michael merupakan badai paling kuat yang menghantam Florida Pandhandle, terhitung sejak 1851. Dia mengatakan banyak bangunan tidak memiliki konstruksi tahan badai di atas kategori 3 skala Saffir-Simpson. (AFP/OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

DRAMA penganiayaan Ratna Sarumpaet akhirnya terbongkar. Kisah hayalan Ratna itu menjadi ramai dipublik setelah beredar foto muka lebam dan membuat Capres Prabowo Subianto menggelar konpers khusus untuk mengutuk kejadian itu pada pada Selasa (2/10) malam. Acara ini bahkan disiarkan secara langsung TV One dengan menyela acara Indonesia Lawyers Club yang membahas soal gempa di Sulteng. Kejahatan memang tidak ada yang sempurna. Beberapa netizen mengungkap beberapa kejanggalan dan dugaan ini diperkuat hasil penyelidikan polisi. Akhirnya, Ratna pun mengakui kebohongannya. Dia mengaku mendapat bisikan setan untuk berbohong. Walau sudah ada pengakuan Ratna, Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menegaskan tetap akan melakukan proses hukum karena kasus ini sudah bergulir dan menimbulkan keresahan. Apakah Anda setuju dengan sikap Polri ini?





Berita Populer

Read More