Melamun Berlebihan Pertanda Masalah Mental

Penulis: Raka Lestari Pada: Jumat, 12 Okt 2018, 18:05 WIB Humaniora
Melamun Berlebihan Pertanda Masalah Mental

Ilustrasi

MESKI  tak selalu buruk, melamun bisa menjadi pertanda masalah pada mental. Terutama jika ini cukup menyita banyak waktu Anda.

"Sama seperti kecanduan video game yang bisa berbahaya dan merugikan kesehatan mental seseorang, melamun juga dapat memberikan dampak yang sama," kata Dr Pavan Sonar, konsultan psikiater dan seksolog dari Mumbai seperti dilansir The Health Site.  

Umumnya, orang-orang melakukan kebiasaan melamun untuk mengurangi emosi, trauma, atau hal-hal negatif yang mereka hadapi. Mereka melakukan hal itu sebagai cara untuk mengatasi berbagai tantangan kehidupan.

Sayangnya, ketika mereka menemukan beberapa kenyamanan di dunia maya mereka justru kembali menderita di dunia nyata.  Ini menyebabkan kurangnya konsentrasi, penghindaran tugas-tugas mendesak yang membutuhkan perhatian (baik di rumah maupun di tempat kerja), menurunkan produktivitas, bermasalah dalam hubungan, dan masih banyak lagi.

Melamun berlebihan juga bisa menjadi tanda-tanda dari depresi.

"Jika seseorang memiliki terlalu banyak pikiran positif tetapi tidak dapat mengubahnya menjadi kenyataan, itu dapat menyebabkan depresi atau gangguan suasana hati lainnya, terutama, ketika Anda menyadari bahwa pikiran Anda tidak membawa Anda ke mana pun," pungkas Sonar. (Medcom/OL-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More